SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, berfoto bersama pemenang Mas dan Mbak Klaten pada ajang pemilihan Duta Wisata Klaten 2023 di Alun-alun Klaten, Sabtu (8/7/2023) malam. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Alexander Fidellis Arya dan Raphaella Chayla Shaka Lakshita terpilih sebagai Juara I Mas dan Mbak Klaten pada ajang pemilihan Duta Wisata Klaten 2023. Grand Final Pemilihan Duta Wisata tersebut digelar di Alun-alun Klaten, Sabtu (8/7/2023) malam.

Juara I Mas Klaten 2023, Alexander Fidellis Arya, berasal dari Kecamatan Klaten Tengah. Pemuda itu masih berumur 16 tahun dan sekolah di SMAN 1 Karangnongko.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sementara, Juara I Mbak Klaten 2023, Raphaella Chayla Shaka Lakshita, 18, dari Kecamatan Klaten Tengah. Dia merupakan mahasiswi Semester II Jurusan Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selain Juara I Mas dan Mbak Duta Wisata Klaten, malam itu juga diumumkan Juara II, Juara III, Juara Harapan I, juara berbakat, juara inteligensia, serta juara favorit. Para finalis itu tampil mengenakan baju adat Jawa dengan memadukan batik dan lurik.

Ada lima juri pada malam itu yang berasal dari akademisi, fashion designer, hingga mantan juara Mbak Klaten. Salah satu juri adalah Indira Salsabila Ayu Wibowo merupakan pemenang Mbak Klaten 2016 dan terpilih menjadi Duta Wisata Indonesia 2017.

Pada ajang tersebut juga dihadirkan penyanyi Tami Aulia. Saat Grand Final itu, masing-masing finalis mendapat satu pertanyaan mengenai berbagai isu. Mulai dari kepariwisataan, media sosial dan literasi digital, demokrasi dan Pemilu 2024, korupsi, pengurangan risiko bencana.

Kemidian soal politik uang, piala dunia U-17, Covid-19, perubahan iklim, hingga beras varietas Rajalele Srinar dan Srinuk. Sejumlah peserta didukung para suporter hingga ada yang membawa bendera. Jawaban para finalis disambut tepuk tangan meriah dari penonton.

Rangkaian Seleksi

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, menjelaskan tahapan pemilihan Mas dan MBak Duta Wisata itu sudah digelar sejak Maret 2023 diawali dengan pendaftaran.

Ajang itu awalnya diikuti 125 orang. Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, terpilih 10 pasangan atau 10 laki-laki dan 10 perempuan untuk mengikuti tahapan Grand Final Duta Wisata Klaten 2023.

“Tahapannya melalui tes tertulis, bakat, wawancara, kemudian ada karantina finalis, serta mengikuti city tour. Kegiatan ini bekerja sama dengan Adwindo dan Tiara Kusuma Klaten,” kata Nugroho.

Nugroho mengatakan pemilihan itu melahirkan duta pariwisata yang memiliki citra dinamis, kreatif, inovatif, peduli, dan cerdas serta menjadi ujung tombak mengenalkan objek wisata di Klaten serta mempromosikan produk ekonomi kreatif.

Dia berharap dari ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata itu muncul generasi muda yang berjati diri sebagai duta wisata serta memiliki wawasan, karakter, disiplin, dan berakhlak untuk mempromosikan pariwisata dan budaya lokal di Klaten.

Nugroho menjelaskan ajang pemilihan Duta Wisata Klaten tahun ini menjadi yang pertama setelah pandemi Covid-19. Ajang pemilihan itu sempat ditiadakan selama tiga tahun gara-gara pandemi.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan proses pemilihan finalis melalui rangkaian yang cukup panjang. “Ini adalah yang terbaik dari yang terbaik. Harapan kami bersama yang terpilih menjadi dutanya pemuda dan pemudi Klaten membawa Klaten ke kancah nasional bahkan internasional. Tugas cukup berat, mempromosikan pariwisata Klaten dan unggulan lainnya,” kata Mulyani.

Pemenang pada ajang itu bakal mengikuti pemilihan Duta Wisata di tingkat provinsi. Mulyani berharap pemenang pada ajang kali ini bisa berprestasi di tingkat nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya