SOLOPOS.COM - Lalu lintas kendaraan di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Jumat (29/4/2022) siang. (Tangkapan layar tayangan cctv-dishub.sukoharjokab.go.id)

Solopos.com, SUKOHARJO – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mencatat lonjakan volume kendaraan bermotor di Bundaran Kartasura dan simpang empat Bulakrejo menuju Kota Sukoharjo pada Kamis (28/4/2022). Jumlah kendaraan bermotor yang melewati kedua lokasi itu tercatat meningkat lebih dari 50 persen.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (29/4/2022), jumlah kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura sebanyak 53.255 unit atau naik sekitar 57,98 persen. Pada hari biasa, jumlah kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura sebanyak 33.987 unit.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kondisi serupa terjadi di Bulakrejo menuju Kota Sukoharjo dan Wonogiri. Jumlah kendaraan bermotor yang melewati Bulakrejo sebanyak 54.900 unit atau naik sekitar 55,84 persen. Pada hari biasa, jumlah kendaraan bermotor yang melewati Bulakrejo 35.321 unit.

Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan lonjakan tajam volume kendaraan bermotor terjadi di Bundaran Kartasura maupun simpang empat Bulakrejo pada H-4 Lebaran. Mayoritas kendaraan bermotor didominasi mobil pribadi para perantau yang hendak pulang kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

“Kondisi ini juga dipengaruhi para aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai kantoran mulai cuti bersama Lebaran. Mereka langsung bertolak ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Jumat.

Baca juga: Begini Cara Polisi Atasi Macet saat Libur Lebaran di Kawasan Sukoharjo

Sebagai informasi, Bundaran Kartasura dan Simpang Empat Kartasura merupakan pintu gerbang masuk ke wilayah Kabupaten Jamu. Arus lalu lintas dari arah Semarang dan Jogja bertemu di Bundaran Kartasura. Sedangkan arus lalu lintas di Simpang Empat Bulakrejo menuju Kota Sukoharjo dan Kabupaten Wonogiri.

Perantau Jarak Dekat

Toni memprediksi kondisi serupa terjadi hingga H-1 Lebaran atau pada Minggu (1/5/2022). “Untuk perantau jarak jauh diperkirakan mulai tiba di kampung halaman pada H-3 atau H-2 Lebaran. Sementara para perantau jarak dekat kemungkinan H-1 Lebaran. Misalnya, perantau asal Solo hendak mudik ke Wonogiri atau Sukoharjo,” ujar dia.

Disinggung mengenai kondisi arus lalu lintas, Toni menyampaikan sejauh ini, kondisi arus lalu lintas di Bundaran Kartasura dan Bulakrejo terpantau padat lancar. Petugas gabungan yang disiagakan di pos pengamanan (Pospam) Kartasura segera turun tangan saat terjadi penumpukan kendaraan bermotor di sekitar Bundaran Kartasura.

Baca juga: Ada Masjid di Tiap RW, Intip Yuk Suasana Ramadan di Cemani Sukoharjo

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Marjono, mengungkapkan petugas memantau pergerakan kendaraan bermotor di jalur mudik melalui kamera closed circuit television atau CCTV. Ada beberapa kamera CCTV yang dipasang di sekitar Bundaran Kartasura, Bulakrejo dan simpang lima atau Proliman Sukoharjo. Biasanya, penumpukan kendaraan bermotor terjadi di sepanjang Jalan Solo-Jogja tepatnya di simpang empat Sanggung, Kecamatan Gatak-Bundaran Kartasura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya