SOLOPOS.COM - Kepala kerbau sebelum dikubur di lahan pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, Senin (18/7/2022) malam. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Satu kepala kerbau dikubur sebelum peletakan batu pertama pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan di Jl Kol Soetarto, Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo, Senin (18/7/2022) malam.

Hal itu dilakukan dalam rangkaian acara Wilujengan Ground Breaking Sentra IKM Mebel. Pemkot Solo, masyarakat setempat, pelaku usaha Pasar Mebel Gilingan, berdoa, mengubur kepala kerbau, potong tumpeng, dan pentas wayang kulit.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dalang pada pentas wayang malam itu adalah Margono alias Gogon, 40, yang juga diberi tugas memimpin upacara penguburan kepala kerbau. Hadir dalam acara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Ahyani dan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina.

Gogon menjelaskan mengubur kepala kerbau seperti yang dilakukan sebelum groundbreaking pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan, Solo, merupakan upaya menghormati bumi yang dipijak. Kepala kerbau yang dikubur bermakna keselamatan dan kekuatan.

“Menghormati bumi supaya yang dibangun kelak lancar dari awal sampai akhir sesuai kehendak Sang Maha Pencipta,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Sentra IKM Mebel Gilingan Solo Mulai Dibangun, Desainnya Megah Lur

Menghormati Tradisi

Menurut Gogon, mengubur kepala kerbau bisa untuk tradisi sebelum pembangunan atau tradisi yang biasa dijalankan pada malam Sura sebelum kirab. Kerbau yang kepala dikubur merupakan kerbau jantan. Hal itu bermakna tanggung jawab pada keluarga.

Ada pun lakon wayang pada acara wilujengan groundbreaking Sentra IKM Mebel Gilingan, Solo, adalah Bangun Gedong Kencana yang mengisahkan masyarakat dan pemerintah dalam dunia pewayangan membangun gedung yang berguna bagi banyak orang.

“Pesan-pesan yang saya sampaikan di masa pandemi ini akan bangkit lagi ketika masyarakat dan pemerintah setempat bersatu padu. Salah satunya membangun Gedong Kencana yang berguna untuk mengangkat perekonomian,” ungkapnya.

Baca Juga: Khawatir Dengan Sentra IKM Mebel Gilingan, Warga Curhat Ke DPRD Solo

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina mengatakan kegiatan mengubur kepala kerbau sebelum pembangunan merupakan upaya menghormati tradisi setempat. “Kalau saya memaknai tradisi yang niatnya baik untuk keselamatan semua ya kenapa tidak dilakukan,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot bersama kontraktor proyek telah melaksanakan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Sentra IKM Mebel di Gilingan, Solo, Selasa (19/7/2022). Hal itu menandai dimulainya pembangunan gedung tiga lantai yang digadang-gadang bisa menaikkan kelas IKM mebel di Solo menjadi seperti IKEA, peritel furnitur asal Swedia yang mendunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya