SOLOPOS.COM - Kepala SMP negeri dan swasta di Kota Solo serta pejabat di lingkungan Disdik Kota Solo mengikuti Sosialisasi Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan Kota Solo di aula SMP Negeri 1 Solo pada Rabu (9/3/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kepala SMP negeri dan swasta di Kota Solo serta pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Solo mengikuti sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan Kota Solo di aula SMP Negeri 1 Solo pada Rabu (9/3/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyosialisasikan UKBI dan Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar di Kota Solo. Peserta kegiatan itu 40 kepala SMP negeri dan swasta di Kota Solo dan pejabat Dinas Pendidikan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Baca Juga : Balai Bahasa Provinsi Jateng Ajak Santri di Rembang Kreatif Menulis Cerpen

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo, Dian Rineta, memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar SMP di Kota Solo. “Kami akan menyosialisasikan UKBI Adaptif secara maksimal. Semua SMP negeri dan swasta di Solo yang memiliki sarana prasarana memadai akan dilibatkan,” kata Dian di aula SMP Negeri 1 Solo Rabu seperti dilansir dari siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (14/3/2022).

Dian menyatakan setiap peserta didik akan diikutsertakan pengujian kemahiran berbahasa Indonesia melalui Giat UKBI Adaptif Merdeka. Dengan begitu, Solo bisa memperoleh capaian peserta uji yang tinggi.

Untuk mendukung pemartabatan bahasa Indonesia, lanjut Dian, pihaknya akan memikirkan kebijakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada hari dan waktu tertentu. “Selain itu, kami berharap UKBI dapat dijadikan tolok ukur pembelajaran bahasa Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga : Balai Bahasa Provinsi Jateng Dukung Pengembangan Kurikulum Bahasa Jawa

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Harimansyah, mengatakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi memiliki tugas utama pengembangan, pembinaan, pelindungan bahasa dan sastra, serta peningkatan fungsi kebahasaan.

Penyelenggaraan UKBI merupakan salah satu upaya pembinaan penutur Bahasa Indonesia. “Kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan bersinergi dengan para pemangku kepentingan di Jawa Tengah,” tutur Ganjar.

Baca Juga : Ganjar Gantikan Tirto Pimpin Balai Bahasa Provinsi Jateng

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Dikdas SMP Abdul Haris Alamsyah, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Kurnia Widianto, Kasi Manajemen dan Peningkatan Mutu SMP Abi Satoto, dan Ketua MKKS SMP Kota Solo Sutarmo.

Semua peserta kegiatan mengikuti UKBI Adaptif Merdeka. Setelah mengikuti UKBI Adaptif Merdeka, diharapkan peserta dapat menyosialisasikan pentingnya UKBI dan menjadikan UKBI sebagai sarana menggali potensi berbahasa pada guru dan peserta didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya