SOLOPOS.COM - Petugas Dinas KUKM Perindag Wonogiri mengecek persiapan tempat Wonogiri Expo yang menjadi salah satu rangkaian 13 rangkaian acara HUT-282 Wonogiri, Jumat (5/5/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Rangkaian acara perayaan hari ulang tahun atau HUT ke-282 Kabupaten Wonogiri dimulai pada Sabtu (6/5/2023). Tenda pun sudah disiapkan di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

Tenda-tenda untuk Wonogiri Expo yang semula direncanakan ditempatkan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri dipindahkan ke Alun-Alun. Pantauan Solopos.com, Jumat (5/5/2023), puluhan tenda berwarna putih sudah berdiri di sisi selatan lapangan Alun-Alun.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejumlah pekerja tengah menyelesaikan pekerjaan seperti memasang jaringan listrik dan mendirikan tenda. Sementara di sisi selatan, kerangka panggung pertunjukan juga sudah berdiri.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri, Nugroho, mengatakan Wonogiri Expo sebagai bagian perayaan HUT ke-282 Wonogiri semula akan diadakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati.

Namun, acara itu kemudian dipindahkan ke Alun-Alun Giri Krida Bakti. Hal itu mengingat banyak tenda yang dibutuhkan sehingga tidak memungkinkan jika dilaksanakan di pendapa rumah dinas.

Wonogiri Expo bakal menampilkan ratusan produk usaha mikro kecil (UMK) asli Wonogiri. Selain itu, masing-masing kecamatan di Wonogiri juga akan menampilkan produk khas dari wilayah masing-masing selama lima hari, Minggu-Kamis (7-11/5/2023).

“Produk UMK yang akan dipamerkan meliputi kuliner, kerajinan tangan, fashion, dan produk pertanian,” kata Nugroho saat ditemui Solopos.com di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Jumat siang.

Konser Noah

Melalui expo tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan para pelaku UMK Wonogiri atau setidaknya memperkenalkan produk mereka kepada umum. Nugroho menyebut saat ini sudah mulai banyak produk UMK dari Wonogiri yang sudah memiliki merek sendiri dan telah tersertifikasi halal.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek, menyampaikan Pemkab Wonogiri bakal menggelar sejumlah acara untuk memeriahkan HUT ke-282 Wonogiri. Ada 13 acara mulai dari Wonogiri Expo yang menampilkan produk usaha mikro kecil dari setiap kecamatan.

Kemudian Festival Reog, turnamen bola voli, konser band Noah, hingga pengajian akbar Habib Syech. Rangkaian acara itu berlangsung mulai 7 Mei 2023-22 Mei 2023 dengan tajuk Ambal Warsa Festival Wonogiri 282.

Jekek tak menyebutkan secara pasti total nilai anggaran untuk penyelenggaraan acara tersebut. Namun dia menyebut sumber anggaran rangkain acara HUT Kota Sukses itu dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DHBCHT) alokasi program sosialisasi barang kena cukai.

“Detail nilai anggarannya belum bisa disampaikan karena ini masih bergerak [dihitung]. Tetapi sumber anggarannya dari DBHCHT, sekitar 2 miliar. Karena ini kan untuk sosialisasi tentang cukai juga,” kata Jekek kepada Solopos.com, Rabu (3/5/2023)

Dia melanjutkan rangkaian acara tersebut sebagai upaya Pemkab Wonogiri memberikan ruang interaksi antarwarga dalam skala luas. Selain itu sebagai pemantik untuk menggerakkan roda ekonomi yang lebih besar.

Dia memprediksi akan banyak warga baik dari dalam maupun luar Wonogiri yang datang dalam rangkaian acara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya