SOLOPOS.COM - Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho, (kedua dari kanan) menerima penghargaan setelah Lurik Klaten menyabet juara 1 kategori Cinderamata di ajang API Awards 2023 yang digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (1/11/2023) malam. (Istimewa/dokumentasi Disbudporapar Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Lurik Klaten menyabet Juara I Kategori Cinderamata pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-8 2023. Penghargaan diterima Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, pada malam puncak API Awards 2023 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (1/11/2023).

Nugroho mengatakan dalam ajang API Awards 2023, Klaten mengusulkan dua potensi wisata dan ekonomi kreatif asal Klaten yakni wisata air river tubing dan lurik Klaten. Dari dua potensi itu, Lurik Klaten menyabet Juara I untuk kategori Cinderamata.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Peserta diikuti dari 418 kabupaten dan 98 kota se-Indonesia. Lurik Klaten menyabet Juara I untuk kategori Cinderamata disusul Juara II Batik Gajah Mungkur dari Gresik, Jawa Timur dan Juara III Batu Giok Nagan dari Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh,” kata Nugroho saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/11/2023).

Lurik Klaten
Piala Juara I Cinderamata Terbaik untuk Lurik Klaten di ajang API Awards 2023 yang digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (1/11/2023) malam. (Istimewa/dokumentasi Disbudporapar Klaten)

Nugroho mengatakan upaya untuk semakin mempopulerkan lurik Klaten dilakukan oleh berbagai pihak termasuk Pemkab Klaten. Seperti dalam berbagai ajang promosi di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Berbagai pergelaran bertema lurik juga digelar di Kabupaten Bersinar. Seperti Klaten Lurik Carnival yang menjadi ajang tahunan. Termasuk penyelenggaraan Klaten Fashion Festival 2023 beberapa waktu lalu dengan menampilkan perpaduan lurik dan batik karya para desainer.

Nugroho berharap penghargaan itu semakin membangkitkan ekonomi kreatif di Klaten terutama para perajin kain lurik. Sebagai informasi Lurik Klaten sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) nasional pada 2021. “Kami berharap melalui penghargaan ini para perajin semakin bangkit dan bersemangat dalam berinovasi, meningkatkan kreativitas mereka menghasilkan lurik yang menarik sesuai kebutuhan masyarakat masyarakat yang beraneka ragam,” kata Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya