SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (dua dari kiri) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (dua dari kanan) memberikan keterangan pers di The Purwohamijayan, Solo, Sabtu (2/7/2022) siang. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO—Kota Solo terpilih sebagai calon nominasi anggota UNESCO Creative Cities Network (UCCN) periode 2023. Selain Solo, Kota Depok juga terpilih.

Hal itu diketahui dari Surat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor B/SD/52/DI.01.00/D.3/SA.2/2023 tertanggal 5 Juni 2023 tentang Pemberitahuan Hasil Seleksi Calon Nominasi UCCN.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Surat tersebut ditujukan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Surat pemberitahuan itu sebagai tindak lanjut atau hasil dari pengisian formulir Aplikasi UCCN 2023 pada 26 Mei 2023 yang telah disampaikan Panselnas kepada Menparekraf.

“Dengan ini kami informasikan bahwa Kota Solo lolos seleksi calon nominasi anggota UCCN 2023,” bunyi surat pemberitahuan tersebut. Kemenparekraf juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Kota Solo terpilih sebagai calon nominasi.

Disebutkan juga Kota Solo akan mendapatkan pendampingan secara intensif untuk menyusun formulir aplikasi sesuai dengan panduan UCCN 2023. UCCN 2023 sendiri merupakan program Jejaring Kota Kreatif UNESCO yang rutin dilakukan.

Panselnas telah melakukan rangkaian proses seleksi terhadap formulir aplikasi (dossier) UCCN 2023 dari enam kabupaten/kota peserta pada 15-24 Mei 2023. Dapal rapat pleno yang digelar pada 26 Mei 2023 Kota Solo dan Depok dinyatakan terpilih.

Merujuk kepada Berita Acara Pleno Penilaian Hasil Pengisian Formulir Aplikasi UCCN 2023, Panselnas telah menyerahkan hasilnya kepada Menparekraf. Gibran sendiri melalui pesan WhatsApp (WA) mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian ini.

Apalagi selama ini Solo sudah beberapa kali gagal terpilih atau gagal lolos ketika mengikuti seleksi calon nominasi anggota UCCN 2023.

“Sudah dua kali gagal, akhirnya sekarang berhasil. Ini satu langkah maju Solo di kancah internasional,” ujar dia.

Gibran menjelaskan sebelumnya Solo tidak hanya mengisi formulir Aplikasi UCCN 2023, tapi juga melakukan presentasi atau paparan materi. “Kemarin itu kan Gusti Bhre [K.G.P.A.A. Mangkunegoro X ] yang mewakili saya presentasi,” sambung Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya