SOLOPOS.COM - Ketiga dari bawah adalah Keris Caho Buwono yang akan diberikan kepada Jokowi sebagai kado ulang tahun ke-52. (dok. Forum Bawa Rasa Tosan Aji Soedjatmiko)

Ketiga dari bawah adalah Keris Caho Buwono yang akan diberikan kepada Jokowi sebagai kado ulang tahun ke-52. (dok. Forum Bawa Rasa Tosan Aji Soedjatmiko)

SOLO–Forum Bawa Rasa Tosan Aji Soedjatmiko (FBRTAS) akan memberikan kado ulang tahun spesial berupa keris kepada gubernur DKI Jakarta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal ini seperti disampaikan oleh ketua FBRTAS IA Joko Suyanto. Joko menyampaikan keris yang dibuat khusus untuk Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo sudah melalui berbagai tahap pembuatan keris.

“Idenya muncul saat menjelang pemilihan gubernur, tepatnya 2 hari sebelum hari pemilihan,” jelas Joko, Rabu (19/6/2013).

Jokowi yang lahir pada tanggal 21 Juni akan berulang tahun ke 52 ini akan diberi kado Keris Cahyo Buwono. Nama keris ini sesuai dengan kepribadian Jokowi yang selalu memberikan perlindungan atau perhatian kepada orang-orang kecil.

Keris yang dibuat selama tujuh bulan ini dibuat khusus oleh empu Fauzan Pusposukadgo dengan dibantu tiga panja. Keris yang dibuat bukanlah keris yang memiliki luk (berkelok-kelok) namun keris yang lurus karena sesui dengan sifat Jokowi yang lurus.

Di keris Jokowi juga akan ada ukiran-ukiran pasoepati. Ketika pembuatan keris ini, Empu Fauzan sempat mendapatkan pertanda gaib bahwa Jokowi akan menjadi tokoh besar di Indonesia.

Untuk itulah mengapa Jokowi mendapatkan sebuah kehormatan dengan dibuatkan sebuah keris.

“Keris ini menandakan munculnya seorang putra Solo yang menjadi tokoh nasional,” tambah Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya