SOLOPOS.COM - Salah satu sudut Solo Techno Park, lembaga penyedia fasilitas pendidikan kejuruan di Solo. (JIBI/Solopos/Dok)

Kerja sama luar negeri antara Kota Solo dengan Tiongkok tampaknya akan terealisasi.

Solopos.com, SOLO-Pemerintah Tiongkok semakin serius untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Setelah Pemkot Solo melakukan kunjungan ke Xian, Tiongkok giliran Tiongkok melakukan kunjungan balik ke Kota Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kunjungan balik diawali dengan kedatangan Duta Besar (Dubes) Tiongkok untuk Indonesia, Xie Feng ke Solo, Jumat (12/6/2015). Kedatangan Dubes ditemui Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo.

Xie Feng mengatakan ada beberapa hal terkait kunjungannya ke Solo. Selain menyempatkan diri usai menghadiri pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, ia juga ingin membicarakan kerja sama dengan Pemkot. “Kerja sama dibidang pariwisata. Selama ini banyak turis Tiongkok yang datang ke Indonesia, namun tujuannya masih ke Bali. Nanti kami akan arahkan pula ke Solo,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menyambut baik langkah Pemerintah Tiongkok yang ingin menjajaki kerja sama dengan Solo. Sebelumnya, Pemkot juga juga tengah menjajaki kerja sama dengan Kota Xian, Tiongkok. Wali Kota mengatakan kerja sama Xian bisa direalisasikan. Menurutnya, hal itu setelah delegasi Pemkot Solo melakukan kunjungan ke Xian belum lama ini. “Salah satunya melihat techno park di sana [Xian], penataan tata ruang kota, dan sebagainya,” kata Wali Kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo sebelumnya mengatakan kemungkinan kerja sama yang bisa dijalin dengan Xian hanya bidang teknologi. Solo, lanjut dia, memiliki Solo Techno Park (STP) yang konsepnya sama dengan techno park di Xian. Hanya, Budi mengatakan di Xian jauh lebih handal dalam berbagai peralatan modern. Bahkan techno park Xian mampu memproduksi barang kelas dunia.

“Ya memang kelasnya Solo berbeda dengan mereka. Kelasnya di sana sudah sangat tinggi. Tapi justru itu bisa menguntungkan buat Solo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya