SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya berwisata di Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, Jogja, Sabtu (7/1/2023). (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden).

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana, menghabiskan waktunya pada akhir pekan ini dengan mengajak cucu-cucu mereka berwisata di Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, Jogja, Sabtu (7/1/2023).

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu, cucu Jokowi yang diajak jalan-jalan di Candi Prambanan yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ada juga sosok putra sulung Presiden Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming Raka yang ditemani sang istri, Selvi Ananda. Kedatangan rombongan keluarga orang nomor satu di Indonesia itu membuat para wisatawan merasa kaget.

Mereka lantas mendokumentasikan momen istimewa tersebut menggunakan kamera Handphone (HP). Sejumlah wisatawan pun merasa senang karena berkesempatan untuk berfoto bersama Jokowi maupun anggota keluarganya.

Selama di kawasan wisata edukasi itu keluarga Jokowi dipandu oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemenristekdikbud, Manggar Sari. Mereka berkeliling sambil dijelaskan sejarah serta arti relief candi.

Jan Ethes tampak serius memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan. “Ini yang paling besar,” ungkap Manggar menunjuk Candi Siwa saat berada di bagian candi itu. Candi Siwa sendiri berketinggian hingga 47 meter.

Rombongan keluarga Jokowi tidak hanya melihat-lihat dari luar candi, tapi mereka sempat masuk ke salah satu candi yang ada. Mereka tampak asyik melihat-lihat relief yang terukir begitu megah di setiap bagian batu candi itu.

Salah seorang wisatawan, Amelia, mengaku sangat senang bisa bertemu dengan rombongan keluarga Jokowi di Candi Prambanan. “Enggak nyangka, lagi study tour bisa bertemu Pak Jokowi,” ujar dia penuh bersemangat.

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata nusantara yang bisa menjadi alternatif berwisata bersama keluarga saat libur. Jokowi telah meminta pemerintah daerah menggalakkan wisata lokal.

Sebab, Nusantara kaya akan destinasi wisata yang mudah dijangkau, murah, dan indah dinikmati. “Tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak warganya berwisata dalam negeri,” ungkap dia September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya