SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunagoro X bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Taman Balekambang, Solo, Sabtu (17/2/2024). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, diduga diam-diam melakukan pertemuan tertutup dengan KGPAA Mangkunagoro X di Balai Kota Solo, pekan lalu.

“Kata siapa? Itu persiapan Sura ya. Kami nyiapin acara untuk Sura dengan Mangkunegaran,” ujar Gibran dimintai penjelasan awak media di Gedung DPRD Solo, Jumat (7/6/2024). Gibran juga buru-buru menyatakan tidak ada pembicaraan politik dengan MN X.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pembicaraan antara Gibran dengan MN X diklaim hanya seputar persiapan menyambut bulan Sura. Ditanya pertemuan itu atas permintaan MN X atau undangannya, menurut Gibran mereka sama-sama janjian untuk bertemu dan membahas seputar bulan Sura.

“Kami kan memang koordinasi janjian untuk Sura. Kan sebentar lagi Sura ya,” dalih dia. Di sisi lain, berdasarkan penelusuran Solopos.com, tidak ada agenda Gibran bertemu dengan MN X pada pekan lalu. Bila pertemuan itu benar terjadi, berarti di luar jadwal.

Selama ini antara Gibran dan MN terbilang cukup akrab. Hubungan mereka tidak hanya sebagai Wali Kota dan MN X. Dalam suatu acara di Balai Kota Solo beberapa waktu lalu, Gibran sempat membuat gimik mempersilahkan MN X untuk duduk di kursi Wali Kota.

Bahkan dari video yang beredar, Gibran sedikit mendorong MN X agar mau duduk di kursi Wali Kota Solo. Tapi MN X menolak permintaan itu. Akhirnya mereka duduk bersebelahan di kursi masing-masing. MN X santer dikabarkan akan maju Pilkada Solo 2024.

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, beberapa waktu lalu sempat menyatakan optimismenya MN X bakal maju Pilkada 2024 lewat partainya. Namun ternyata hingga penutupan pendaftaran Minggu (9/6/2024) MN X tidak juga mendaftar.

Sebanyak empat orang yang mendaftarkan diri di DPC Partai Gerindra Solo yaitu Astrid Widayani, Sekar Tandjung, Diah Warih Anjari, dan Heru Cipto Nugroho. Namun Ardianto menyatakan pendaftaran bisa dilakukan di DPP dan DPD Partai Gerindra.

“Pendaftaran di DPC Partai Gerindra Solo kami tutup Minggu malam, dengan jumlah pendaftar empat orang. Tapi pendaftar bisa juga mendaftar di DPP Partai Gerindra dan DPD Partai Gerindra Jawa Tengah. Kita tunggu saja adakah yang daftar,” kata dia.

Sementara untuk koalisi Pilkada Solo 2024, menurut Ardianto, pihaknya sudah berkomitmen dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya