SOLOPOS.COM - Dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. (Instagram-@kasesangp)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan kebingungannya terhadap manuver adik laki-lakinya, Kaesang Pangarep. Di hadapan wartawan, Gibran terang-terangan menyebut arah dari Kaesang susah diprediksi.

“Saya enggak tahu kok arahnya Kaesang ke mana. Arahnya sangat tidak bisa diprediksi,” tutur dia saat diwawancara wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (10/5/2023). Gibran lalu menyebut serentetan isu Pilkada yang dikaitkan dengan Kaesang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mulai dari isu suami dari Erina Gudono akan maju Pilkada Batang, kemudian Pilkada Depok, hingga Pilkada Klaten. “Ndek wingi kae Batang, sesuke Depok, terus Klaten. Ketoke arep survei bioskop sik. Nek ana bioskop, lagi. Wes, wes,” tutur dia.

Ketika ditanya apakah Kaesang akhirnya akan berlabuh di Solo karena punya berapa bioskop, Gibran mengarahkan wartawan untuk bertanya langsung kepada Kaesang. Sebab dia mengaku juga sulit memprediksi arah yang dituju oleh Kaesang.

“Wes, takon Kaesang wae ya. Wes ya, bubar-bubar,” ungkap dia. Gibran juga mengaku tidak tahu menahu dengan agenda pengurus DPC Partai Gerindra Solo yang akan bertemu dengan Kaesang usai pendaftaran 45 Bacaleg untuk DPRD Solo.

Dia justru bertanya balik kepada wartawan dari mana informasi tersebut. “Kata siapa? Saya enggak tahu rencana pertemuan itu ya. Terima kasih,” terang dia.

Sebelumnya Gibran memberikan respons menggelitik saat dimintai tanggapan ihwal cuitan Kaesang Pangarep di Twitter akan menggantikan dia sebagai Wali Kota Solo.

“Mosok? Ya wes. Lah wonge iso opo ora?,” ujar dia spontan. Gibran mengatakan mampu atau tidak Kaesang menjadi Wali Kota Solo yang menilai adalah masyarakat. Termasuk soal dukung mendukung, dia menilai biar warga saja.

“Ha mbuh, itu yang menilai warga ya. Yang mendukung biar warga. Aku saiki fokus pekerjaan yang sekarang saja. Urusan Kaesang ya ben diurus dewe,” urai dia. Ihwal Kaesang menjadi Wali Kota Solo belakangan jadi isu strategis.

Utamanya usai pernyataan Gibran yang menyebut Kaesang Pangarep ingin mengikuti jejaknya terjun ke jalur politik. Isu itu terus bergulir seiring pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang mendukung Kaesang.

Di lain kesempatan kabar terbaru terkait Kaesang Pangarep diungkapkan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Wali Kota Solo itu mengaku malas membahas tentang adiknya.

Setidaknya hal tersebut disampaikan Gibran saat ditanya kabar tentang perkembangan rencana terjun ke dunia politik. “Halah, males aku bahas Kaesang,” ungkap Gibran ketika diwawancara solopos.com usai menghadiri halalbihalal di Rumah Dinas (Rumdin) Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, di Karangasem, Laweyan, Rabu (26/4/2023) siang.

Disinggung rencana menjadikan Kaesang sebagai senjata rahasia di Pemilu 2024, Gibran beralasan nanti dulu. Dia kembali menyampaikan bahwa dirinya sudah meminta agar sang adik sowan kepada Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, bila serius ke politik. Tak hanya Rudy, panggilan akrabnya, Kaesang diminta sowan kepada pada petinggi partai.

“Mengko sik. Kemarin kan saya sudah bilang, Kaesang kalau memang serius, sowan Pak Rudy dulu. Sowan ketua-ketua dulu, semua, semua ketua-ketua,” terang dia.

Disinggung alasan Kaesang belum juga menemui Rudy dan para petinggi partai, menurut Gibran karena belum memutuskan. Tapi dia tidak menjelaskan belum memutuskan soal apa.

“Ya karena belum memutuskan saja ya,” ungkap dia singkat. Lebih jauh Gibran meminta agar perihal Kaesang terjun ke politik dibahas kembali lain waktu. Diberitakan solopos.com sebelumnya, Gibran keceplosan menyebut Kaesang Pangarep, dipersiapkan menjadi senjata rahasia guna memenangkan pertarungan atau kontestasi Pemilu 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya