SOLOPOS.COM - Logo KPU (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah petahana komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Soloraya dipastikan tumbang saat kembali mengikuti seleksi jabatan serupa di periode 2023–2028. Sebagian besar, mereka tumbang saat memasuki tahapan 10 besar.

Di Solo, terdapat dua petahana komisioner KPU yang kembali maju di seleksi calon anggota KPU periode 2023-2028. Kedua petahana itu, yakni Puji Kusmarti dan Bambang Christanto.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Satu dari dua petahana itu dinyatakan tak lolos seleksi. Di sisi lain, tiga petahana lainnya tak mendaftar karena sudah menjabat sebagai anggota KPU selama dua periode.

“Aku ora lolos,” ujar Puji Kusmarti, melalui pesan WhatsApp (WA) kepada Solopos.com, Minggu (30/7/2023).

Dengan gugurnya Puji, berarti saat ini tinggal satu petahana yang lolos di tahap 10 besar, yaitu Bambang Christanto.

Di Sragen, sebanyak dua petahana komisioner KPU dinyatakan gagal mempertahankan kedudukannya dalam seleksi calon komisioner KPU periode 2023-2028.

Dua orang petahana komisioner KPU Sragen itu terdiri atas Minarso yang hingga kini masih menjabat Ketua KPU Sragen dan Suwarsono yang juga masih menjadi komisioner KPU Sragen hingga nanti dilantik komisioner yang baru. Sementara tiga orang komisioner KPU lainnya lolos dalam seleksi 10 besar calon komisioner KPU.

“Ya, saya juga ikut seleksi calon anggota Bawaslu tetapi juga tidak lolos. Di KPU juga tidak, ganti yang lain. Takdir. Ada kalanya gabung dan ada kalanya tidak. Mengalir saja. Kondisi ini yang terbaik uat saya saat ini,” ujar Minarso saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (29/7/2023) malam.

Petahana KPU tak lolos seleksi di 10 besar juga terjadi di Wonogiri. Sebanyak tiga orang petahana yang dinyatakan tidak lolos seleksi meliputi Pradika Harsanto, Augustina Puspa Dewi, dan Wahyu Nurjanah.

Sedangkan dua petahana yang lolos 10 besar dalam seleksi tersebut, yaitu Toto Sihsetyo Adi yang saat ini menjabat sebagai ketua merangkap anggota KPU Wonogiri dan Dwi Prasetyo sebagai anggota KPU Wonogiri.

Calon petahan komisioner KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengakui ia masuk dalam 10 besar dalam seleksi calon anggota KPU Wonogirj periode berikutnya. Kini ia masih menunggu jadwal fit and proper test dari KPU RI.

“Iya, saya dan Pak Dwi [sebagai petahana] lolos 10 besar seleksi calon komisioner KPU Wonogiri periode selanjutnya,” kata Toto, Senin (31/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya