SOLOPOS.COM - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menyatakan siap menjadi Depok pertama dalam video yang diunggah di Youtube. (Istimewa/Tangkapan Layar/kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat)

Solopos.com, SOLO — Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, disarankan maju sebagai Calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2024. Solo dinilai lebih strategis sebagai pintu masuk Kaesang terjun ke dunia politik ketimbang Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Saran tersebut disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, saat diwawancarai Solopos.com seusai menghadiri acara di Pasar Gede Solo, Jumat (14/7/2023). Dia menjadi salah satu pembicara Forum Diskusi Pasar Gede Solo bertema Politisi Ingusan Bisa Apa?

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

”Saran saya [Kaesang] maju di Solo saja. Karena dari kulturnya sudah dapat kan. Mas Kaesang sukses menaikkan kasta Persis Solo ke Liga 1,” ujar dia.

Lebih dari itu, Ilyas menilai sosok seperti Kaesang dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan Solo yang begitu masif 2,5 tahun terakhir di tangan kakaknya, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka. Menurut dia, Kaesang cocok meneruskan perjuangan Gibran ketika kakaknya itu benar-benar naik ke level yang lebih tinggi.

“Jadi Mas Kaesang ini memang betul-betul bagus lah, top untuk di Solo untuk memajukan Solo ke depan setelah Mas Gibran naik ke level yang lebih tinggi itu nyambung. Sekali lagi, saran saya Mas Kaesang maju saja di Pilkada Solo 2024,” kata dia.

Soal pendapat yang menyatakan maju sebagai Calon Wali Kota Solo tidak lagi menantang untuk Kaesang Pangarep karena peluang politiknya sangat besar dibandingkan di Depok, Ilyas menilai bukan itu esensinya. Menurut dia, yang terpenting memastikan keberlanjutan pembangunan di Solo.

Hal itu penting agar akselerasi pembangunan Kota Bengawan yang tentu saja berdampak bagi daerah-daerah di sekitarnya tidak menurun. “Esensi utamanya membuktikan kinerja yang bagus agar Solo ini bisa lebih bagus lagi,” imbuh dia.

Di sisi lain, Kaesang belum menunjukkan sinyal akan maju lewat partai politik (parpol) mana pada Pilkada 2024. Sedangkan untuk daerah yang dia sasar sejauh ini Kota Depok jika menilik dari pernyataannya siap menjadi Depok Pertama.

Sang kakak, Gibran, saat dimintai tanggapan terkait Kaesang, beberapa kali menyatakan tidak tahu arah politik adiknya itu. Tapi dia berulang kali menegaskan Kaesang memang akan terjun ke politik dan Gibran sudah menyarankan agar sowan tokoh-tokoh.

Salah satunya Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. Namun sejauh ini Kaesang belum juga melakukan saran dari kakaknya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya