SOLOPOS.COM - Ketua sukarelawan Pro Jokowi (Projo) Kota Solo, Tego Windarti. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) Kota Solo, Tego Windarti, 51, menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai Capres Pemilu 2024.

Dia juga mendukung sosok Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk menjadi Cawapres pendamping Prabowo. Hal itu disampaikan Wiwin, panggilan akrabnya, saat diwawancara Solopos.com, Senin (10/7/2023) siang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia mengakui sikap Projo secara organisasi masih menunggu keputusan dari Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi. Keputusan resmi Projo pun diyakini Wiwin akan mengikuti keputusan atau arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Projo masih menunggu arahan Ketua Umum, untuk organisasi, masih menunggu. Nanti kan Ketum menunggu arahan dari Pak Jokowi. Tapi kalau saya pribadi mendukungnya ke Pak Prabowo. Kalau boleh usul, Cawapres-nya Mas Gibran,” ujar dia.

Wiwin menjelaskan alasannya mendukung Cawapres 2024. Di mata dia, Prabowo merupakan sosok negarawan yang bisa bersikap layaknya seorang ksatria yang pemberani. Hal itu terbukti Prabowo legawa mau masuk kabinet Jokowi.

“Menurut saya, kita kan tahu 2019 Pak Prabowo rival dari Pak Jokowi, notabene Capres. Tapi setelah dimenangkan Pak Jokowi beliau mau legawa masuk kabinet. Itu bikin saya terharu, senang, tidak bisa saya ucapkan dengan kata-kata,” aku dia.

Walau sudah kalah dalam pertarungan politik, Wiwin melanjutkan, Prabowo tidak berkecil hati dan mau menjadi bagian pemerintahan yang dipimpin rivalnya. Sikap negarawan seperti itu menurut dia belum tentu bisa dilakoni banyak orang.

“Beliau ksatria, kalah dalam pertarungan politik, tidak berkecil hati dan mau masuk kabinet. Kenyataannya beliau mau menja Menhan. Itu sikap seorang ksatria, negarawan, perlu kita apresiasi beliau seorang negarawan sejati,” urai dia.

Wiwin menilai Indonesia butuh sosok negarawan pemberani seperti Prabowo. Disinggung sosok Cawapres untuk Prabowo, dia mengusulkan sosok Gibran Rakabuming. Dia mengakui secara usia Gibran memang belum memenuhi syarat.

Namun, ketentuan terkait batasan usia minimal Cawapres sedang digugat d Mahkamah Konstitusi (MK). “Wapresnya saya kalau boleh usul, saya senang dengan Mas Gibran. Tapi kita kan masih menunggu keputusan MK seperti apa,” aku dia.

Wiwin melihat Gibran sebagai sosok pemimpin muda yang berani dan membuktikan mampu membangun Solo. “Saya sudah melihat sepak terjang beliau, masih muda, tapi hasilnya nyata tidak kalah dari yang sudah senior,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya