SOLOPOS.COM - Ketua Umum Senkom Mitra Polri Katno Hadi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Keraton Solo memberikan gelar atau kekancingan Kanjeng Pangeran Mangunagoro kepada Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi, Rabu (27/9/2023) malam.

Pemberian gelar dilakukan di Sasana Narendra oleh SISKS Paku Buwono (PB) XIII. Katno Hadi kepada awak media merasa sangat bersyukur mendapat gelar dari Keraton Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Tentu saya sangat bersyukur mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran dari Keraton Solo. Sehingga bila digabung dengan nama panjang saya menjadi Kanjeng Pangeran Dr Haji Katno Hadi Mangunagoro SE MM,” tutur dia.

Dia menjelaskan pemberian gelar lantaran dirinya aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan. Termasuk kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang dilakukan organisasi Senkom Mitra Polri.

Katno Hadi mencontohkan kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan Senkom Mitra Polri adalah membantu penanganan Pandemi Covid-19 dan membantu korban bencana gempa bumi di Garut, Jawa Barat (Jabar).

Senkom Mitra Polri juga membantu penanganan macet arus mudik Lebaran, pemadaman kebakaran di sejumlah wilayah di Indonesia, pengiriman air bersih di daerah-daerah kekeringan, hingga banyak kegiatan lainnya.

“Justru saya tidak menyangka Keraton Solo memperhatikan itu. Ternyata apa yang telah dilakukan Senkom Mitra Polri mendapat apresiasi dengan pemberian gelar ini. Sehingga ke depan hal ini semakin motivasi kami” ujar dia.

Senkom Mitra Polri diharapkan selalu konsisten berada di garda terdepan bangsa dalam membantu masyarakat. Senkom Mitra Polri akan terus bekerja sama dengan Polri, BPBD, Basarnas, dan organisasi kemanusiaan lain.

“Anggota kami di berbagai wilayah senantiasa memberikan kontribusi terbaik,” tandas Katno Hadi. Sedangkan Sentana Dalem Keraton Solo, KPH Adipati Sosronagara mengatakan gelar untuk Katno Hadi, spesial.

Gelar itu diberikan pada momen Maulid Nabi Muhammad SAW. “Ini gelar tinggi sekali bagi tokoh atau pemimpin organisasi yang punya kontribusi bidang sosial. Ini tak main-main, termasuk pemberian khusus,” urai dia.

Sosronagara berharap gelar yang diberikan semakin memotivasi Katno Hadi dan jajarannya untuk terus memberikan kontribusi bagi negeri. Nomor gelar yang diberikan kepada Katno Hadi bernomor A1. 022.2023.

Gelar Kanjeng Pangeran juga pernah diberikan Keraton Solo kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pada 2021. Saat itu Gibran diberi gelar Kanjeng Pangeran Widironagoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya