SOLOPOS.COM - Driver layanan kurir daring asli Boyolali, Deliboy, di area Kecamatan Boyolali, Kamis (20/7/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Kasus driver yang dianiaya atau dibunuh saat mengantarkan pelanggan membuat jasa kurir ojek online (ojol) Deliboy memilih tidak membuka layanan antar-jemput orang.

Perintis Deliboy, Suyanto, 32, mengungkapkan langkah tersebut diambil demi keselamatan mitra driver Deliboy. Hal itu menjadi langkah preventif yang dilaksanakan manajemen Deliboy.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Terakhir kan ada driver Karanganyar yang dibunuh dan ditemukan di Bandung. Kami menghindari hal-hal tersebut terjadi di driver kami,” ujar dia kepada Solopos.com, Sabtu (22/7/2023).

Selain itu, Yanto juga membatasi jam operasional driver mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Hal tersebut juga sebagai langkah preventif untuk keselamatan driver mitra Deliboy.

Sebelumnya diberitakan, cara akses dan order yang mudah serta sistem bagi hasil yang lebih menguntungkan bagi driver mitra menjadi daya tarik layanan Deliboy.

Dari sisi kelengkapan layanan, tersedia mulai dari pengantaran barang atau kurir, pesan makanan, shopping atau belanja barang kebutuhan sehari-hari di minimarket dan lain-lain.

Cara order layanannya pun cukup mudah, tanpa harus meng-install aplikasi di handphone. Layanan Deliboy bisa diakses di website deliboy.id. Calon pengguna tinggal memilih layanan sesuai kebutuhan. Berikut daftar layanan Deliboy dan tarifnya di Boyolali:

1. Kurir (Ambil dan Antar Barang)

Calon pengguna layanan Delikurir bisa mengakses website deliboy.id dan berikutnya tinggal mengisi kolom nama, nomor Whatsapp, alamat pengambilan barang dan alamat pengantaran barang. Tarif layanan Delikurir barang ditetapkan tarif dasar Rp12.000 untuk empat kilometer pertama dan selebihnya tinggal ditambah Rp2.200/km.

2. Food (Layanan Pesan Makanan)

Layanan pemesanan makanan di Deliboy Boyolali ini tidak berbeda jauh dengan layanan on demand service dari perusahan ojek online besar. Calon pengguna bisa memesan makanan di restoran atau warung makan tertentu lewat website deliboy.id dan driver mitra Deliboy akan membelikan dan mengantarkannya ke alamat pengguna.

Tarif dasar layanan ini, yakni Rp10.000 untuk empat kilometer pertama dalam Kecamatan Boyolali dan selebihnya tinggal ditambah Rp2.200/km. Saat ini sudah ada 23 merchant atau restoran dan warung makan yang telah bermitra dengan Deliboy.

Namun demikian, layanan Deliboy tidak terbatas pada restoran atau warung makan yang sudah menjadi mitra. Jika ada pengguna yang menginginkan pesan makanan di restoran atau warung makan yang belum bekerja sama pun, Deliboy tetap melayani.

3. Belanja

Layanan Delibelanja dari Deliboy di Boyolali melayani pemesanan pembelian barang mulai dari pasar tradisional, minimarket, supermarket, toko lokal, hingga pet shop.

Tarif dasar jasa layanan ini ditetapkan untuk empat kilometer pertama senilai Rp12.ooo untuk belanja di minimarket dan toko lokal. Lalu, Rp14.000 untuk belanja di supermarket dan pasar tradisional.

Lebih dari empat kilometer tinggal ditambahkan Rp2.200 per km. Pengguna bisa mengakses layanan ini di deliboy.id dan mengisi kolom nama, nomor WhatsApp (WA), pilihan lokasi belanja dan alamat pengantaran barang belanjaan.

4. Custom

Layanan Custom Deliboy di Boyolali khusus untuk pengguna yang membutuhkan layanan selain belanja, pesan makan dan antarbarang. Pada layanan ini misalnya pengguna bisa pesan galon air, gas, bayar tagihan, laundry, hingga kirim uang. Cara pemesanannya sama dengan layanan lain di Deliboy.

Sebagaimana diinformasikan, layanan Deliboy diawali pada 2017 oleh seorang eks driver ojek online, Suyanto. Saat itu, Boyolali belum terjamah layanan ojek online. Namun layanan itu sempat redup dan baru dibangkitkan kembali pada 2020 oleh Suyanto dan empat eks driver ojol lain.

Saat ini, sudah ada 23 driver yang bergabung menjadi mitra Deliboy. Suyanto mengatakan dengan 23 mitra driver, rata-rata per hari Deliboy menerima 150-an order via website deliboy.id. Dari jumlah itu, order paling banyak yaitu pada layanan Delifood.

Dari segi pembagian hasil dengan mitra driver, sistem yang diterapkan Deliboy dinilai lebih menguntungkan bagi driver dibandingkan jika menjadi driver ojol mitra perusahaan ojek daring besar. Per transaksi, berapa pun nilai yang didapat, mitra driver hanya akan dipotong Rp1.250 per transaksi. Sisanya menjadi hak mitra driver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya