SOLOPOS.COM - Potret tempat duduk berjarak yang masih berlaku saat perayaan Jumat Agung di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sanggrahan Giripurwo, Wonogiri, Jumat (15/4/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Perayaan Jumat Agung di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sanggrahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, terlaksana dengan khidmat, Jumat (15/4/2022). Seluruh jemaat gereja antusias mengikuti rangkaian peribadatan yang menandai wafatnya Yesus Kristus.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu dipimpin Ambar Sulistiono yang bertindak sebagai pendeta. Ia membacakan pidato Jumat Agung yang bertema Sedanipun Gusti Yesus Gesangaken lan Ngrukunaken (Kematian Tuhan Yesus Menghidupkan dan Menyatukan). Sebanyak 120 jemaat tampak khidmat mendengarkan pidato Ambar yang berlangsung hampir satu jam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jemaat GKJ Sanggrahan Giripurwo itu lebih antusias dibanding pada perayaan Jumat Agung pada tahun sebelumnya. Alasannya, jemaat yang datang di tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu (2021) meski situasi pandemi Covid-19 belum kunjung hilang.

Baca Juga: Ini Jumlah Anggota Polres Wonogiri Kawal Perayaan Paskah 2022

“Tahun ini tempat duduk tetap prokes [protokol kesehatan pencegahan Covid-19] tapi tidak seketat dahulu. Jadi, sudah lebih baik daripada perayaan Jumat Agung tahun 2021,” ungkap salah seorang Majelis GKJ Sanggrahan Giripurwo, Santoso, saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Ia mengatakan persiapan fasilitas menunjang prokes sudah dilakukan dan dipastikan hingga Jumat pagi, yakni sebelum dilaksanakannya Jumat Agung. Persiapan tersebut juga melibatkan pihak kepolisian.

“Kemarin dan tadi pagi sudah disterilisasi oleh polisi. Tujuannya untuk mengantisipasi merebaknya Covid-19. Selain itu, untuk memastikan keamanan agar acara berlangsung kondusif,” katanya.

Baca Juga: Ini Jumlah Anggota Polres Wonogiri Kawal Perayaan Paskah 2022

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, mengatakan pengamanan Jumat Agung di GKJ Sanggrahan Giripurwo dipimpin oleh Kabag Ops Polres Wonogiri, Kompol Budiyono.

“Selain di Sanggrahan, Kompol Budiyono juga ditunjuk memimpin pengamanan peribadatan di lima gereja lain di Kabupaten Wonogiri,” kata Aiptu Iwan Sumarsono, dalam rilisnya yang diterima Solopos.com, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya