SOLOPOS.COM - Warga melintas di depan Situs Perjanjian Giyanti di Kampung Kerten, RT 001/RW 008, Kelurahan Jantiharjo, Karanganyar, Jumat (18/3/2016). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar membuka kesempatan bagi warga Kabupaten Karanganyar untuk mengeksplorasi cerita sejarah lokal maupun cerita rakyat yang berkembang di 177 desa/kelurahan.

Warga Karanganyar, apa pun status dan pekerjaannya, dapat menuliskannya dan mengirimkan karya mereka kepada panitia Lomba Menulis Cerita Sejarah Desa Kabupaten Karanganyar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Karya bisa dikirim melalui https://bit.ly/LombanuliscritaKaranganyar dan kami terima hingga 3 September 2023. Selanjutnya akan dinilai Dewan Juri. Sepuluh karya terbaik juga akan ditampilkan di acara puncak Festival Literasi Karanganyar. Penulisnya akan ditantang story telling di panggung dengan gaya penceritaan masing-masing,” ujar Nanang, panitia lomba, Kamis (24/8/2023).

Kepala Disarpus Karanganyar Nurhayati mengatakan cerita rakyat dan sejarah lokal di Kabupaten Karanganyar sangatlah banyak. Tetapi, sampai sekarang belum banyak cerita dan sejarah lokal yang ditulis dan digali dari narasumber dan sumber di 177 desa/kelurahan di Kabupaten Karanganyar.

“Melalui kompetisi menulis cerita rakyat dan sejarah lokal, kami mengajak warga masyararakat umum Kabupaten Karanganyar untuk berpartisipasi menulis sejarah lokal di wilayah desa/kelurahan masing-masing dan cerita rakyat yang hingga kini menjadi bagian dari peradaban masyarakat,” ujar dia.

Dengan mengikuti kompetisi itu, lanjut dia, masyarakat umum Kabupaten Karanganyar secara tidak langsung turut berkontribusi merawat sejarah lokal dan cerita rakyat yang ada di wilayahnya sendiri.

Karya yang terkumpul dari kompetisi menulis cerita rakyat dan sejarah lokal desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Karanganyar itu nantinya akan memperkuat khazanah literasi sejarah lokal Kabupaten Karanganyar.

Disebutkannya, topik sejarah lokal dan cerita rakyat yang bisa dituliskan oleh peserta antara lain peristiwa sejarah yang pernah terjadi di desa/kelurahan di Kabupaten Karanganyar.

Kemudian, biografi tokoh sejarah desa/kelurahan di Kabupaten Karanganyar, asal-usul (toponimi) tempat bersejarah di desa/kelurahan di Kabupaten Karanganyar, atau peninggalan sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya