SOLOPOS.COM - Warga Muhammadiyah di Wonogiri melaksanakan Salat Idulfitri 1444 H di Lapangan Pringgondani, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (21/4/2023). Salat Idulfitri di lapangan tersebut diikuti sekitar 2.000 orang. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI – Ribuan warga Muhammadiyah di Wonogiri mengikuti Salat Idulfitri 1444 H di Lapangan Pringgondani, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (21/4/2023) pagi.

Pantauan Solopos.com, para jemaah mulai berdatangan ke Lapangan Pringgondani sejak sekitar pukul 06.00 WIB. Banyak di antara jemaah datang rombongan dengan keluarga, termasuk mengajak anak-anak. Beberapa jemaah sudah berusia lanjut, bahkan ada yang datang dan salat menggunakan kursi roda.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Para jemaah banyak yang datang menggunakan kendaraan bermotor baik sepeda motor atau mobil. Kendaraan mereka diparkir di halaman Lapangan Pringgondani dan jalan di sekitar lapangan.

Rangkaian Salat Idulfitri di Lapangan Pringgondani itu dimulai pukul 06.30 WIB-07.15 WIB. Para jemaah tampak khusyuk selama menunaikan salat yang dilaksanan setahun sekali itu.

Beberapa jemaah langsung memilih pulang ketika khotbah Salah Idulfitri dimulai. Namun lebih banyak yang menetap dan mendengarkan hingga khatib selesai berceramah. Imam Salat Idufiti pada kesempatan itu Ust. Lutfi Baihaqi dan khatib Ust. Sugiyono.

Dalam ceramahnya, Ustaz Sugiyono menyampaikan Muhammadiyah telah memutuskan untuk salat dan merayakan Idulfitri pada Jumat. Sementara ada pihak lain yang merayakan pada Sabtu (22/4/2023). Perbedaan itu tidak perlu diperdebatkan. Masing-masing pihak hanya perlu memahami, saling mengerti, dan bertoleransi terhadap perbedaan itu.

Dia juga mengingatkan, di era yang serba digital ini, hendaknya umat, terutama para muda-mudi tidak hanya fokus pada gadget atau smartphone. Melainkan juga harus diimbangi dengan membaca dan mengkaji Al-Qur.’an. Sebab dengan begitu, kehidupan menjadi seimbang, selain itu dapat membuat hati menjadi tenang.

“Hanya dengan mengingat Allah maka hati menjadi tenang,” kata Ust. Sugiyono mengutip salah satu ayat dalam Al-Qur.’an dalam ceramahnya.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam Sektor Wonogiri Utara, Maryanto, menyampaikan selain di Lapangan Pringgondani, pelaksanaan Salat Idulfitri bagi warga Muhammadiyah dengan jemaah berjumlah besar juga dilaksanakan di halaman depan Kodim 0728 Wonogiri dan Lapangan Bantarangin Wonoboyo, Wonogiri.

Salah satu jemaah Salat Idulfitri di halam depan Kodim 0728 Wonogiri, menyampaikan berdasarkan pengamatannya, jumlah jemaah salah di tempat itu membludak. Bahkan, Salat Idulfitri di Kodim 0728 yang dilaksanakan pada hari merupakan terbanyak dalam kurun 23 tahun terakhir.

“Biasanya saf jemaah tidak sampai ke halaman gedung depannya. Tadi sampai sana, empat saf penuh. Ini jemaahnya paling banyak,” kata Sugeng.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya