SOLOPOS.COM - Ilustrasi Apotek (JIBI/Solopos/Dok.)

Kimia Farma menerapkan inovasi bisnis terbarunya di eks Karesidenan Surakarta. Apa itu?

Solopos.com, SUKOHARJO — Kimia Farma unit bisnis Surakarta membuka gerai ke-13 di Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. Pembukaan apotek baru Kimia Farma itu diharapkan mampu menyumbang peningkatan penjualan yang ditargetkan naik 20% pada tahun ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Manajer Bisnis Unit Bisnis Solo PT Kimia Farma Apotek, Hendri Susanto, menyampaikan pembukaan gerai baru ini untuk mendekatkan diri kepada konsumen. Menurut dia, Gentan memiliki perkembangan yang bagus mengingat banyak dibangun perumahan di daerah yang berbatasan dengan Solo tersebut.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali membuka cabang baru di wilayah Laweyan, Solo, Jawa Tengah. “Persaingan apotek memang semakin ketat. Tapi kami optimistis tetap menjadi pilihan masyarakat karena mengutamakan kualitas layanan,” ungkapnya saat ditemui wartawan di sela-sela pembukaan gerai baru, Sabtu (18/4/2015).

Konsep apotek yang tergabung dengan klinik atau tempat praktik dokter juga menjadi salah satu keunggulan. Hal ini karena kebutuhan masyarakat bisa dilayani dengan maksimal. Namun, dokter yang praktik di Kimia Farma Gentan, baru dokter umum. Meski begitu, dia berencana menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk layanan di klinik.

Selain itu, jumlah produk juga lebih lengkap yakni sekitar 4.000 macam produk. Dia mengatakan kebanyakan obat yang disediakan adalah obat bebas atau tanpa resep dokter. Menurut dia, penjualan obat yang berdasarkan resep dokter saat ini cenderung menurun.

Tak Andalkan Resep
Hal ini karena masing-masing dokter atau rumah sakit biasanya sudah menyiapkan obat. Apalagi kesadaran masyarakat terhadap hidup sehat juga meningkat sehingga penjualan obat bebas terutama food supplement juga terus meningkat.

“Arah bisnis apotek memang sudah lama berubah, tidak lagi hanya mengandalkan penjualan obat berdasarkan resep dokter tapi menjual obat bebas, yakni sekitar 60% dari total penjualan. Penjualan food supplement ini cukup tinggi, yakni lebih dari 30% setiap tahunnya,” ujarnya.

Dia menyampaikan apotek juga seperti swalayan yang menyediakan barang kebutuhan untuk rumah tangga. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk tetap eksis. Lebih lanjut, dia mengatakan di gerai terbaru di Gentan, ada pemeriksaan kesehatan gratis selama satu bulan. Selain itu, selama April juga ada promo diskon hingga 50% di semua gerai Kimia Farma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya