SOLOPOS.COM - Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta, K.G.P.H. Purboyo. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kirab Malam 1 Sura dipastikan tetap digelar pada Jumat (29/7/2022) malam di kompleks Keraton Solo meski sejumlah kebo bule yang menjadi ikon kirab terkena penyakit mulut dan kuku (PMK).

Undangan untuk para tokoh dan pejabat untuk menghadiri kirab tersebut sudah disebar. Bahkan, putra mahkota KGPH Purboyo mengantar sendiri undangan untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Purboyo datang ke kompleks Balai Kota Solo untuk mengantarkan undangan tersebut, Selasa (26/7/2022). Gibran mengatakan sudah menerima undangan tradisi kirab malam 1 Sura dari Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dia akan mengikuti kedua kirab pada Jumat malam tersebut. Kirab dilaksanakan di Pura Mangkunegaran terlebih dahulu baru kemudian berlanjut di Keraton Solo.

“Kami pengin menunjukkan Solo dalam keadaan yang aman karena dua tahun terakhir kirabnya masih terbatas [akibat pandemi]. Jumat besok kami ramaikan. Ini salah satu event tahunan terbesar di Kota Solo,” katanya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Ikut Kirab Malam Sura, Mangkunegaran dan Keraton?

Wali Kota Solo menjelaskan sudah memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Solo melakukan vaksinasi kebo bule yang terpapar PMK. Pemkot Solo ikut memantau kondisi kebo bule tersebut.

Genjot Event

“Kami pantau dulu tiga hari ke depan, yang paling sehat yang paling fit, yang sudah divaksin. Terus keadaan setelah divaksin seperti apa? Kami pantau terus. Insyaallah sehat semua,” paparnya.

Dia mengatakan PMK tidak menular kepada manusia jadi warga tidak perlu takut untuk menonton kirab malam 1 Sura yang melibatkan kebo bule keturunan Kiai Slamet. Namun, warga diminta memakai masker dan segera vaksinasi penguat atau booster bagi warga yang belum vaksinasi.

Baca Juga: Kirab Malam 1 Sura dan Kehadiran Kebo Bule Keraton Surakarta

“Kami tidak membatasi event. Waktunya mengenjot event lagi,” papar Gibran. Sementara itu, Putra Mahkota Keraton Solo KGPH Purboyo kondisi tujuh keno bule yang terkena PMK sudah berangsur pulih.

“Terkait 1 Sura besok, semoga berjalan lancar dan Keraton sudah dibantu terkait peralatan kerbaunya. Semoga yang sakit cepat pulih dan bisa dikeluarkan pada malam 1 Sura,” kata KGPH Purboyo.

Dia mengatakan ada tujuh kebo bule yang terpapar PMK. Kebo yang sakit dan yang tidak sakit dipisahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya