SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kirab Malam 1 Sura (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Polsek Pasar Kliwon menerima tujuh laporan kehilangan barang seusai Kirab Malam 1 Sura Keraton Solo, Selasa (5/11/2013) dini hari. Kendati demikian, pelaksanaan agenda rutin keraton itu diklaim berjalan lancar dan aman.

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Nur Affandi, saat dihubungi Solopos.com, Selasa, mengungkapkan tidak ada tindak kriminalitas menonjol selama berlangsungnya kirab. Namun, ia tidak memungkiri ada beberapa kejadian yang dilaporkan masyarakat. Berdasar data di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Pasar Kliwon, kata Nur, tercatat hanya ada tujuh laporan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Laporannya hanya kehilangan barang, bukan pencurian. Jadi, belum tentu peristiwa yang dilaporkan itu pencopetan. Memang kebanyakan yang hilang adalah barang-barang di dalam dompet. Bisa jadi dompet itu jatuh, tapi bisa jadi dicopet. Tapi yang jelas laporannya kehilangan barang,” papar Nur mewakili Kapolresta Solo, AKBP Iriansyah.

Nur mengaku tak mengetahui pelapor kehilangan dompet saat ada keramaian di Kori Kamandungan atau saat kirab benda-benda pusaka keraton. Pelapor kepada petugas menyampaikan, mereka baru menyadari telah kehilangan dompet seusai kegiatan tersebut. Menurut Nur, kerugian material yang dialami pelapor tidak mencapai jutaan rupiah. Selain uang, barang yang dilaporkan hilang berupa surat-surat kelengkapan kendaraan.

Nur mengklaim, kegiatan keraton itu berlangsung lancar dan aman. Ia mengklaim tidak mendapati perkelahian dan gelaran penyakit masyarakat (pekat) saat berlangsungnya kegiatan. “Kegiatan relatif aman, mabuk-mabukan nihil, perkelahian juga nihil. Tidak ada pula gesekan-gesekan yang timbul dari pihak yang kontra dengan acara itu. Ini berkat pengamanan gabungan dan peran masyarakat,” imbuh Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya