SOLOPOS.COM - Mengarak arca Hok Tek Tjeng Sin di Solo, Minggu (7/9/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Kirab budaya Solo, calon wali kota dan wakil wali kota petahana Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo membagi angpau di kirab klenteng

Solopos.com, SOLO–Kirab Dewa Bumi atau Fu De Zheng Shen dalam rangka peringatan Hari Raya Tiong Ciu diwarnai aksi bagi-bagi amplop oleh pasangan petahana F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo, Minggu (27/9/2015). Mereka membagi-bagikan angpau berwarna merah kepada peserta kirab.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pasangan petahana terlihat duduk di kursi panggung kehormatan bersama tamu undangan lainnya. Seperti Penjabat (Pj) Wali Kota Budi Suharto, Camat Jebres Tamso serta panitia kirab.

Dengan membawa amplop berwarna merah atau biasa disebut angpau, pasangan Rudy-Purnomo membagi-bagikan angpau kepada peserta kirab yang digelar Klenteng Tien Kok Sie.

Pasangan Rudy-Purnomo kepada wartawan mengaku kehadirannya sebagai masyarakat Solo yang secara khusus diundang dalam acara tersebut. “Saya ini datang diundang. Saya juga warga Kecamatan Jebres,” kata Rudy kepada wartawan.

Rudy memang rutin setiap agenda kirab menjadi tamu undangan resmi dari pihak Klenteng. Namun selama ini Rudy diundang sebagai Wali Kota Solo. Sedangkan kali ini, Rudy berdalih diundang bersama Purnomo sebagai masyarakat Solo.
“Tidak ada kaitannya kampanye. Ini murni saya sebagai masyarakat,” tepis Rudy.

Ihwal bagi-bagi amplop pun, pasangan Rudy-Purnomo kompak menyatakan angpau tersebut disiapkan dari pihak panitia.

Ia dan Purnomo hanya diminta ikut membagikan angpo kepada peserta kirab. Rudy pun lagi-lagi menepis tudingan adanya unsur money politic dalam kegiatan tersebut.
Begitu pula ihwal amplop yang dibagikan berwarna merah, Rudy meminta jangan mengaitkannya dengan politik. Apalagi dikaitkan dengan warna Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Rudy mencoba menjelaskan bahwa amplop berwarna merah melambangkan kebaikan dan kesejahteraan di dalam kebudayaan Tionghoa.

Sementara Humas Klenteng Tien Kok Sie, Lian Hong Siang langsung membantah pernyataan pasangan Rudy-Purnomo ihwal angpau yang dibagikan. Ia justru mengatakan angpau yang dibagikan Rudy-Purnomo kepada peserta kirab bukan dari panitia, melainkan dana mereka sendiri.

“Panitia dibagikan sendiri. Yang Pak Rudy dan Pak Purnomo bagikan itu ya pakai duit mereka sendiri,” katanya.

Ia menilai angpau yang dibagikan merupakan wujud derma atau amal dari pasangan tersebut. Pihak Klenteng  mengundang pasangan Rudy-Purnomo sebagai tamu kehormatan.

Rudy dinilai berperan dalam pengembangan pariwisata di Kota Solo, salah satunya melalui kirab yang digelar Klenteng setiap perayaan pertengahan musim gugur.
Ia menepis anggapan pasangan Rudy-Purnomo sengaja diundang karena berkaitan dengan masa kampanye mereka yang nyalon pada Pilkada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya