SOLOPOS.COM - Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro. (Instagram/@gph_paundrakarnajs)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran bakal menyelenggarakan kirab pusaka dalem untuk menyambut tahun baru Jawa 1 Sura pada Selasa (18/7/2023) malam. Putra pertama Mangkunagoro IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara bakal memimpin kirab pusaka dalem sebagai cucuk lampah.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Kirab Pusaka Dalem sekaligus Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran, KPH Tjuk Susilo, saat ditemui Solopos.com di Pura Mangkunegaran, Senin (17/7/2023). GPH Paundrakarna bakal memimpin kirab pusaka dalem yang didampingi KRMH Roy Rahajasa Yamin dan KRMH Hariadhi Anggoro Kadarisman.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Di depan cucuk lampah, ada dua orang pembawa bendera Bangun Tulak dan Pare Anom dengan logo Pura Mangkunegaran. Prosesi kirab pusaka dalem dimulai pukul 19.00 WIB,” kata dia, Senin.

Prosesi kirab pusaka dalem diawali dengan ritual di depan Pendapa Agung Pura Mangkunegaran. Seusai ritual, cucuk lampah bakal memimpin barisan untuk keluar menuju pamedan yang diikuti keluarga inti, kerabat keluarga, abdi dalem, dan para tamu undangan.

Rute kirab pusaka dalem mulai dari pamedan menuju Jalan Ronggowarsito, belok kanan melewati Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Pura Mangkunegaran.

“Peserta kirab tidak diperbolehkan memakai alas kaki dan berbicara. Manusia selalu berhubungan dengan bumi dan berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ini prosesi sakral dalam kirab pusaka dalem,” kata dia.

Menurut KPH Tjuk Susilo, rute kirab pusaka dalem sekitar kurang lebih empat kilometer. Para peserta kirab pusaka dalem diperkirakan 400 orang-500 orang.

Panitia telah berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk mengamankan jalannya prosesi kirab pusaka dalem. Aparat gabungan bakal disiagakan di sepanjang rute kirab pusaka dalem.

Setiba kembali di Pura Mangkunegaran, dilanjutkan dengan prosesi semedi hingga dini hari.

“Jumlah tamu undangan sekitar 450 orang. Mulai dari pejabat di Pusat, Jawa Tengah maupun Kota Solo. Nanti sore, kami akan menggelar gladi bersih di Pendapa Agung,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya