SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih. (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo kembali kehabisan stok vaksin Covid-19, Senin (10/10/2022). Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin diharapkan bisa menunggu atau mencari vaksin di daerah lain yang masih ada stok.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan sempat ada kiriman stok vaksin pada Jumat (7/10/2022) namun hanya 92 dosis. Pada Senin pagi, vaksin tersebut sudah habis. “Jumat dapat sudah siang. Kemudian Sabtu libur. Langsung hari ini [Senin] saya buka sudah habis,” katanya kepada wartawan, Senin.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Terkait kekosongan vaksin tersebut, Ning, sapaan akrabnya, mengatakan DKK sudah berupaya untuk meminta tambahan stok vaksin. Jika stok vaksin telah tiba, DKK akan langsung membuka kembali layanan vaksinasi di berbagai pusat layanan kesehatan.

Dengan stok vaksin Covid-19 yang kosong dalam beberapa hari tersebut di Solo menunjukkan masih ada kalangan masyarakat yang membutuhkan atau menginginkan vaksin. Meskipun jumlahnya belum dapat diketahui secara pasti sebab selain warga Solo, pelayanan vaksinasi juga bisa menyasar warga luar Solo.

Untuk capaian vaksinasi di Solo, Ning mengatakan menyampaikan untuk vaksin booster sekitar 72,19%, vaksin dosis pertama sekitar 131,58% dan vaksin dosis kedua sekitar 123,32%.

Baca Juga: Solo Kehabisan Stok Vaksin Covid-19, Warga Diarahkan ke Daerah Lain

Kasus Covid-19 Cenderung Menurun tapi Masih Ada

Bagi masyarakat yang menginginkan vaksin dalam waktu dekat atau selama belum ada penambahan pasokan vaksin di Solo, disarankan untuk mencari di luar daerah. Lebih lanjut, Ning menyampaikan meski kasus Covid-19 sudah cenderung menurun bukan berarti sudah tidak ada.

Dia menegaskan hingga saat ini masih ada warga yang terpapar Covid-19. Untuk mengantisipasi agar tidak mudah terpapar, masyarakat perlu untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan menjalani vaksinasi. Dia juga mengimbau masyarakat tidak mencari vaksin ketika terdesak saja.

“Manfaatkan secara optimal ketika ada kran [vaksinasi terbuka]. Jangan begitu ada keperluan baru [bingung] mencari,” katanya. Selain jumlah stok vaksin Covid-19 di Solo saat ini tidak banyak, bahkan terkadang habis, pemberian vaksin juga tidak bisa dilakukan sembarangan.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

Dia mencontohkan adanya satu vial vaksin yang diperuntukkan 10 dosis. Ketika hanya ada satu orang datang minta vaksin, tidak bisa dilayani karena akan memboroskan vaksin. “Itu berarti saya membuang uang negara. Silakan cari gandengan,” katanya.

Berdasarkan catatan Solopos.com, DKK Solo kehabisan stok vaksin Covid-19 sejak Sabtu (1/10/2022). DKK tidak bisa memastikan kapan akan kembali mendapatkan stok vaksin tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya