SOLOPOS.COM - Agung Harsakti Pancasila, legislator termuda DPRD Kota Solo. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Berusia 26 tahun, Agung Harsakti Pancasila merupakan legislator termuda DPRD Kota Solo periode 2019-2024. Total ada 45 wakil rakyat di parlemen tingkat kota itu.

Legislator dari Partai Gerindra ini maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Kecamatan Jebres pada Pemilu 2019 lalu. Saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (15/7/2022), Agung mengaku banyak belajar setelah tiga tahun terakhir berkantor di Karangasem.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ya ini pengalaman luar biasa buat saya. Kan first time juga. Banyak lah pengalaman-pengalaman yang sebelumnya saya enggak tahu, sekarang jadi tahu. Tentang birokrasi, dan sebagainya,” tuturnya.

Pemuda kelahiran 10 Januari 1996 ini mengaku senang hidupnya bisa menjadi lebih berguna untuk masyarakat. Dengan menjadi anggota DPRD Solo dia bisa membantu lebih banyak warga.

“Yang jelas hidupku bisa menjadi lebih berguna untuk masyarakat, bisa membantu tentang KIS, tentang sekolah, dan berbagai kebutuhan masyarakat,” ujar legislator termuda DPRD Solo tersebut.

Baca Juga: Lebih Muda Dari Gibran, Ini 2 Anggota Termuda DPRD Kota Solo

Bahkan Agung mengaku tidak menggunakan uang reses sebagai anggota DPRD Solo untuk kebutuhan pribadi dan keluarga. Uang itu ia gunakan untuk membeli bahan kebutuhan pokok atau sembako dan dibagikan kepada warga.

Peduli Pendidikan

“Uang reses tidak pernah saya ambil. Saya belikan sembako, saya bagikan. Setiap bulan, setiap hari ada,” katanya. Namun Agung mengaku lebih banyak membantu kesulitan warga di bidang pendidikan, seperti membelikan tas sekolah, sepatu sekolah, maupun mengambil ijazah.

Dalam membantu berbagai kebutuhan sekolah anak, ia menggunakan uang pribadi. “Kalau sekolah negeri enak, saya bisa nabrak. Kalau swasta pakai duit pribadi,” urai warga Premulung RT 003/RW 009 Sondakan, Laweyan, Solo, tersebut.

Baca Juga: Legislator Termuda DPRD Solo Ini Berjanji Sumbangkan Gaji untuk Warga

Legislator termuda DPRD Solo itu mengaku tidak sengaja terjun ke dunia politik ketika mengikuti Pemilu Legislatif 2019. Bapak empat orang anak itu mengaku awalnya diajak temannya bergabung di Partai Gerindra dan maju sebagai anggota DPRD Solo.

Tapi dari ketidaksengajaan itu dia malah berhasil lolos menjadi anggota DPRD Solo periode ini. “Saya berangkat dari basic pengusaha. Terjun ke politik tidak sengaja. Saat itu ketemu kawan, lalu saya ditarik untuk ikut ke dunia politik. Yang penting bagi saya bisa lebih berguna saja untuk masyarakat banyak,” ungkapnya.

Agung mengaku siap untuk maju kembali dalam Pemilu Legislatif 2024 bila memang partai menugasinya maju. Suami dari Frisilia Made Eva Fatma itu mendapatkan 1.127 suara pada Pemilu Legislatif 2019 dari Dapil V Jebres.

Baca Juga: Menanti Kiprah Politikus Muda di DPRD Solo, Apa Saja Program Mereka?

Dengan perolehan suara sebanyak itu, Agung mendapatkan kursi ke-10 dari total 12 kursi di Dapil Jebres. “Kalau memang partai meminta saya maju kembali ya saya siap. Saya akan maju lagi dari Dapil Jebres,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya