SOLOPOS.COM - Haslinda Raistika Nurfatin (kanan) bersama Muhammad Gani Restu Prananda (kiri) terpilih sebagai Putra dan Putri Duta Genre Sragen 2022 dalam malam grandfinal yang digelar di Pendapa Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Sabtu (20/8/2022) malam. (Istimewa/Haslinda Raistika Nurfatin)

Solopos.com, SRAGEN—Haslinda Raistika Nurfatin, salah satu mahasiswi keperawatan Akper Yappi Sragen, dinobatkan sebagai Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Sragen 2022 bersama Muhammad Gani Restu Prananda, Sabtu (20/8/2022) malam.

Berawal dari modal berani dan perjuangan yang cukup melelahkan, gadis asal Mojomulyo, Sragen Kulon, Sragen, akhirnya mendapatkan amanat Duta Genre untuk satu tahun ke depan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Proses seleksi Duta Genre 2022 cukup panjang yang semula diikuti sebanyak 55 orang pemuda-pemudi terbaik Sragen.

Seleksi tersebut merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri sebagai figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, menciptakan remaja bebas narkoba, terhindar dari seks bebas, dan HIV/AIDS.

Perjalanan Haslinda itu berawal saat dipanggil dosen Akper Yappi Sragen bersama tiga orang temannya.

Dosen yang juga Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan itu meyakinkan empat mahasiswa itu untuk maju mengikuti Duta Genre 2022.

“Mau jadi juara atau tidak yang penting maju dulu. Bahasa Jawanya, penting wani sek. Kemudian seleksi dimulai pada 30 Juli 2022 dengan tes yang di adakan di SMAN 2 Sragen yang diikuti sebanyak 55 orang. Tes itu meliputi tes tertulis, tes bakat minat, wawancara kepribadian, dan public speaking,” katanya kepada Solopos.com, Senin (22/8/2022).

Dia mengatakan hasil tes itu diumumkan pukul 17.45 WIB untuk diambil 10 pasangan putra-putri finalis Duta Genre Sragen.

Nama Haslinda pun disebut dan dinyatakan lolos grandfinal. Hari berikutnya, Haslinda bersama para finalis lainnya mengikuti acara forum anak dan lomba street fashion show. Haslinda terpilih menjadi juara I atas lomba yang digelar oleh Klinik Kecantikan Nabb Clinic.

Memasuki pekan pertama Agustus, tepatnya 7 Agustus 2022, ada pembekalan kepala 10 finalis putra-putri Duta Genre Sragen. Mereka belajar tentang subtansi genre, content creator, dan seterusnya.

Dalam kesempatan itu dan hari berikutnya, para finalis diberi tantangan untuk membuat video perkenalan dan video di Tiktok.

“Pekan kedua, 12 Agustus 2022, saya mengikuti show case di Locomotive Resto. Di situ saya dan para finalis lainnya menampilkan dance dan untuk pribadi saya menampilkan solo popcast. Kemudian 13 Agustus 2022, kami lanjut pembekalan dari kakak-kakak Duta Wisata Sragen yang tentunya tidak diragukan lagi prestasinya. Kami diajarin cara posisi yang formal, cara berjalan, dan masih banyak,” jelas Haslinda yang lahir di Sragen, 31 Juli 2001.

Pada 14 Agustus 2022, para finalis lanjut pembekalan tentang beauty class. Haslinda mendapat suvenir dari Kosmetik Inez karena dinilai look make up-nya bagus.

Seusai pembekalan itu, Haslinda mengikuti pengabdian masyarakat di Plupuh, Sragen, selama beberapa hari, hingga tiba saat menjelang grandfinal.

Pembekalan terakhir dilakukan di Pendapa Wakil Bupati Sragen pada Kamis (18/8/2022) lalu tentang cinta, bangga, paham rupiah, dan audiensi dengan para pejabat lainnya.

“Malam grandfinal pun tiba. Peluapan rasa capai saya, puncak perjuangan saya, ya di malam itu. Setelah bercapai-capai akhirnya malam yang dinantikan tiba. Para finalis menyampaikan orasi kemudian diambil lima besar. Saya optimistis dan berpikir untuk menampilkan yang terbaik. Saya masuk lima besar,” ujarnya.

Finalis lima besar diuji dengan publik speaking terkait dengan kasus yang dibacakan dewan juri. Kemudian diumumkan finalis tiga besar dan nama Haslinda kembali muncul.

“Di tiga besar nama saya dipanggil kembali sungguh luar biasa keajaiban di malam itu. Challange terakhir dimana semua peserta ditutup telinganya dengan headphone. Masing-masing diberi pertanyaan dan jawabannya dibandingkan. Pertanyaan tentang pakaian terbuka itu ada trend masa kini dan dianggap pelecehan seksual bagaimana pendapat anda? Saya menjawab dengan versi terbaik saya,” jelasnya.

Mula-mula Haslinda dinobatkan sebagai Juara Favorit Duta Genre Sragen. Setelah pengumuman kategori selesai, tiba waktunya mengumumkan juara.

Ternyata nama Haslinda disebut paling terakhir sebagai Juara I. Selempang disampirkan dan mahkota tanda Ratu Duta Genre dipakaikan.

“Saat selempang disampirkan oleh Duta Genre Sragen 2021, saya sungguh bergetar hati ini merasakannya. Saya mendapat amanah setahun ke depan untuk menjadi Duta Genre Sragen 2022. Semoga saya amanah untuk mengemban tugas duta menginspirasi kaum milenial supaya dapat keluar dari zona nyaman agar terasah menjadi juara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya