SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dan Pemimpin Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkunagoro X menyaksikan Solo Menari di Balai Kota Solo, Senin (29/4/2024) malam. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurahman, menyatakan komitmen partainya untuk bergabung dengan koalisi besar partai-partai politik (Parpol) dalam Pilkada Solo 2024.

Arahnya, bagaimana Pilkada Solo 2024 menjadi pertarungan head to head antara koalisi besar melawan PDI Perjuangan (PDIP). Hal itu disampaikan Taufiqurahman, Rabu (3/7/2024) siang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kalau untuk koalisi besar kita sudah sepakat, tidak ada masalah. Siapa nanti Cawali-Cawawali nya, kita mendukung. Kita sepakat agar besok head to head. Jadi tidak ada pihak ketiga,” ujar dia.

Taufiq, panggilan akrabnya, mengakui figur Cawali Solo yang santer akan diusung koalisi partai-partai adalah KGPAA Mangkunagoro X. Namun pada praktiknya belum ada pernyataan resmi.

“Masalah Gusti Bhre dengan siapa, ini kan masih lobi-lobi politik. Masih kita tunggu dewa-dewa di Jakarta memutuskan seperti apa. Memang wacana selama ini Gusti Bhre. Tapi kan belum,” urai dia.

Disinggung posisi Sekar Tandjung sebagai bakal Cawali Solo yang diusung Partai Golkar, Taufiq menyatakan optimismenya. Dia meyakini Sekar akan menjadi bakal Cawali atau bakal Cawawali Solo.

“Kalau sampai sekarang saya masih optimistis Mbak Sekar bakal maju sebagai calon, baik untuk posisi AD 1 maupun AD 2. Sekarang sedang dalam lobi-lobi politik. AD 1 siap, AD 2 siap,” tutur dia.

Disinggung sikap Partai Golkar bila Sekar menjadi Cawawali Solo pendamping MN X, Taufiq menyatakan bila itu menjadi keputusan ketua-ketua umum partai di Jakarta, pihaknya tidak ada masalah.

“Kalau itu diputuskan ketua-ketua umum, tidak ada masalah. Apa pun siap. Ditugaskan sebagai AD 1 siap, AD 2 siap. Kita tunggu saja pusat. Mudah-mudahan survei Mbak Sekar tinggi,” kata dia.

Taufiq mengatakan peluang terbentuknya koalisi besar partai-partai di Pilkada Solo 2024 tinggal sedikit lagi. “Menurut kami arah ke terbentuknya koalisi besar itu sudah di atas 70 persen,” urai dia.

Sedangkan disinggung kemungkinan Sekar Tandjung tidak mendapatkan rekomendasi, baik sebagai Cawali maupun Cawawali Solo, Taufiq menepis hal itu. Dia meyakini Sekar akan maju Pilkada Solo.

“Kalau ini kemungkinan kami yakin [Sekar] tetap masuk apakah AD 1 atau AD 2. [Kalau tidak masuk] insya Allah kami tetap ke jalur ini. Nanti ada petunjuk pusat. Arahnya head to head,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya