SOLOPOS.COM - Program Rumah Kreatif Difabel Angkatan ke III digelar Koinkita,com di Kelurahan Kerten, Laweyan, Kota Solo, pada Sabtu (24/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO —  Koinkita.com bekerjasama dengan Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo menggelar program Rumah Kreatif Difabel Angkatan ke III pada Sabtu (24/12/2022). Acara yang bertempat di Aula Kelurahan Kerten ini diikuti 10 peserta terseleksi yang merupakan pelaku UMKM difabel dan berdomisili di Kerten.

Mengutip rilis yang diterima Solopos.com, ertemuan ini diawali dengan motivasi penguatan mental bertajuk Berkarya Tanpa Batas oleh Sri Hartati yang tidak lain adalah difabel yang aktif bersosial dan wirausaha. Sedangkan materi kedua bertajuk Eksistensi UMKM Melalui Kanal Digital & Tempat Usaha oleh Nanang Munawar. Ia menjelaskan tentang strategi pemasaran menggunakan teknologi digital.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Di Kelurahan Kerten ada sekitar 90 difabel. Setelah melalui proses asesmen, sebanyak 15% difabel yang tingkat kemandiriannya selalu dibantu (nonberdaya) bakal menjadi target penerima manfaat bertahap berupa sembako.

Program Rumah Kreatif Difabel ini akan berlangsung dalam beberapa tahap. Tahap tersebut meliputi pelatihan, pendampingan, kunjungan usaha, terminasi dan pemberian modal usaha bagi peserta terbaik.

Baca Juga: Belum Semua Tempat Publik Ramah Disabililtas, Dinsos Sragen: Perlu Sosialisasi

“Kami kompetisikan para peserta agar turut aktif di dalam pelatihan serta memanfaatkan stimulan modal usaha yang telah diberikan untuk pengembangan usaha. Peserta terbaik akan mendapatkan modal usaha tambahan,” tutur Hafid Tamimi, Ketua Yayasan Solusi Kita yang turut hadir untuk mengisi sambutan di tengah acara berlangsung.

“Semoga agenda seperti ini bisa terus berlanjut untuk difabel yang lainnya,” Hermin, peserta yang memiliki usaha racikan bumbu nasi goreng.

Koinkita.com yang berpayung hukum Yayasan Solusi Kita merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang fokus menangani isu yatim dan difabel. Hingga saat ini, Koinkita.com telah kali ketiga melaksanakan program Rumah Kreatif Difabel sejak 2020. Mengusung tagline #MerekaBisaSetara, Koinkita.com berharap bisa turut aktif dalam pemberdayaan difabel di SoloRaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya