SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sumber ilustrasi foto: Suaramerdeka.com

Solo (Espos) — Komisi II DPRD Solo yang berencana melakukan peninjauan lapangan ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Jurug, Jebres, dan Kerkop, Purwodiningratan, Selasa (8/2), ditunda. Alasannya pembangunan fisik Rusunawa belum signifikan alias baru mencapai 30 persen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penjelasan itu disampaikan Kepala UPTD Rumah Sewa Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Toto Jayanto saat ditemui <I>Espos<I> di kantornya, Selasa siang. “Sebelumnya Komisi II memang mengajak kami meninjau Rusunawa Kerkop dan Jurug. Tapi karena pembangunan fisik baru mencapai 30 persen agenda itu ditunda,” katanya.

Peninjauan Rusunawa untuk mengetahui langsung kondisi fisik bangunan. Serta memastikan bangunan dalam kondisi baik atau sesuai standar. Penggarap Rusunawa Kerkop dan Jurug yakni PT Hutama Karya yang merupakan badan usaha milik negara (BUMN). Pembangunan dua Rusunawa diyakini mundur dari jadwal penyelesaian April tahun ini. Namun Toto berharap pertengahan 2011 pembangunan Rusunawa sudah selesai. Sehingga DPU bisa memulai pemasangan jaringan listrik di bangunan pertama Rusunawa Jurug.

“Semoga Juni-Juli pembangunan Rusunawa sudah memasuki tahap <I>finishing<I> sehingga bisa dilakukan pemasangan jaringan listrik di Rusunawa Jurug,” katanya. Menurut Toto jaringan listrik Rusunawa Jurug akan dipasang sebesar 53 KVA. Saat ini baru dipasang sebesar tiga KVA yang belum memenuhi kebutuhan. Pada bagian lain seorang petugas keamanan proyek Rusunawa Jurug, Jarot mengungkapkan beberapa kali maling menyatroni kompleks Rusunawa Jurug.

Pasalnya sejak bangunan I Rusunawa Jurug yang merupakan proyek Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) selesai pertengahan 2010 lalu tak kunjung dioperasikan. Beberapa panel listrik menjadi sasaran empuk pencuri. Laki-laki asal Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) itu memperkirakan nilai panel listrik yang dicuri mencapai Rp 100 juta. “Dikarenakan Rusunawa belum diserahkan ke Pemkot Solo, saya masih ditugasi menjaga keamanan. Untuk fisik bangunan sejauh ini tidak ada masalah, kondisinya cukup baik,” imbuhnya.<B>kur<B>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya