SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Pusat, Idham Holik, saat diwawancara wartawan di sela-sela kunjungan di Kantor KPU Solo di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Jumat (26/1/2024) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Komisioner KPU RI, Idham Holik, berkunjung ke Kantor KPU Solo di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Jumat (26/1/2024) siang.

Kedatangan dia untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 oleh KPU Solo. “Saya sangat mengapesiasi, semua berjalan dengan baik. Tidak bermaksud apa, tapi mata kepala saya melihat sendiri. Semua berjalan baik,” ujar dia.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Idham juga mengapresiasi jajaran KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang memberikan bimbingan dan arahan kepada KPU kabupaten/kota. “Patut kami berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada KPU Solo dan tentu KPU Jateng,” urai dia.

Selain mengecek kesiapan secara umum KPU Solo, Idham memantau bimbingan teknis terhadap para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dia sempat berbincang dengan sejumlah anggota KPPS di sela-sela bimtek.

“Hari ini saya melihat langsung bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara untuk KPPS di Solo. Tadi saya telah bertemu peserta bimtek. Untuk penyelenggara Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS diberikan Bimtek,” terang dia.

Menurut Idham, Bimtek bagi KPPS sangat penting agar mereka benar-benar memahami aturan penyelenggaraan Pemilu 2024. Dengan begitu mereka benar-benar siap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih.

“Agar tidak ada anggota KPPS yang tidak paham aturan teknisnya. Dan kami pastikan mereka dapat bekerja sesuai aturan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih. Kalau paham aturan, pemilu bisa berjalan baik,” urai dia.

Idham mengaku senang karena para KPPS di Solo mempunyai antusiasme luar biasa untuk menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara. Mereka berkomitmen untuk mensukseskan Pemilu 2024 di TPS.

Disinggung keberadaan Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemilih di Solo, Idham menyatakan semua warga negara punya hak yang sama. Hal itu sesuai azas dan prinsip dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Semua warga negara memiliki hak yang sama, begitu juga dengan pemilik. Karena salah satu azas dan prinsip dalam penyelenggaraaan pemilu adalah adil. Maka semuanya akan diperlakukan dengan perlakuan yang sama,” jelas dia.

Secara nasional, Idham menjelaskan, sebanyak 5.741.126 anggota KPPS se-Indonesia sudah dilantik secara serentak pada Kamis (25/1/2024). Mereka akan bertugas di 820.000 lebih TPS yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

“Kemarin MURI mencatat pelantikan KPPS secara serentak se-Indonesia. Ada 5.741.126 anggota KPPS yang dilantik untuk ditempatkan di 820.000 lebih TPS. Semua sudah terisi, pelantikan serentak tidak ada masalah,” imbuh dia.

Disinggung kesiapan logistik Pemilu 2024, menurut Idham, semua berjalan lancar atau tidak ada masalah. “Semua lancar, enggak ada masalah. Kami pastikan satu hari sebelum pemungutan suara, semua logistik ada di KPPS,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya