SOLOPOS.COM - Hangabehi - Tedjowulan (JIBI/SOLOPOS/Dok/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO Sasana Putra Keraton Solo memanas, sejak Minggu (25/8/2013) sore tadi. Hingga Minggu malam, PB XIII dan K.G.P.H. Panembahan Senopati Tedjowulan masih bertahan di Sasana Putra.

Sebelumnya kubu Dewan Adat, GKR Wandansari (Mbak Moeng) yang selama ini masih berseberangan dengan Dwitunggal PB XIII dan Mahapatih Tedjowulan berusaha masuk ke Sasana Putra. Namun, kediaman raja itu terkunci.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sesuai undangan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang diterima Solopos.com, pengukuhan Tedjowulan sebagai Mahapatih dan pelantikan pengageng Keraton Solo bakal digelar Senin (26/8/2013), pukul 10.00 WIB.

Ketua Panitia, K.P.A.A. Condrokusumo Suro Agul-Agul, dalam undangan memaparkan susunan acara kegiatan itu di antaranya pembacaan maklumat kesepahaman, pengukuhan Maha Menteri oleh PB XIII.

Pengukuhan Maha Patih

Acara juga diisi dengan pengangkatan sejumlah pegageng Keraton Solo dan dilanjutkan dengan sambutan dari Maha Menteri. Acara ditutup dengan halalbihalal.

Juru Bicara Dwitunggal PB XIII dan Maha Menteri, K.R.H. Bambang Pradotonagoro, mengatakan acara pelaksanaan halalbihalal dan pengukuhan Tedjowulan, Senin (26/8), merupakan agenda murni dari PB XIII. “Acara besok ini dari Sinuhun, adik-adiknya dan sentana dalem. Benar-benar dari beliau,” ujarnya.

Mengenai ketidaktahuan acara yang diungkapkan kubu Moeng, Bambang menegaskan ada upaya penggagalan halalbihalal. “Masak mereka tidak tahu, wong mereka sudah datang ke sini,” terang dia. Dia juga menjelaskan acara besok lebih difokuskan halalbihalal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya