SOLOPOS.COM - Lagu Full Senyum Sayang dari Evan Loss (Youtube Evan Loss)

Solopos.com, WONOGIRI — Grup musik dangdut Ngatmombilung batal manggung pada acara konser sosialisasi Pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri di Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu (16/12/2023) malam.

Namun demikian, acara dipastikan tetap meriah karena masih ada penyanyi dangdut Masdddho dan Evan Loss yang bakal menghibur warga.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik KPU Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya, mengatakan semula KPU Wonogiri mengundang artis dangdut Masdddho dan grup musik Ngatmombilung untuk memeriahkan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024.

Namun, Ngatmombilung batal hadir pada konser Pemilu 2024 di Wonogiri karena sang vokalis, Awang Pawastra, yang merupakan seorang polisi mendadak mendapatkan tugas dinas pada hari H konser.

Sahid menyebut batalnya Ngatmombilung tampil itu tidak mengubah jadwal konser sosialisasi Pemilu 2024. Sosialisasi tetap akan digelar meriah dengan penampilan penyanyi dangdut Masdddho, Evan Loss, dan grup musik dangdut lokal OM PNS di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri pada Sabtu malam.

Dengan mengundang penyanyi dangdut, KPU Wonogiri menilai sosialisasi Pemilu 2024 bisa dihadiri masyarakat Wonogiri secara luas. Musik dangdut dianggap sesuai dengan kultur warga Wonogiri.

Sebagai informasi, Masdddho merupakan penyanyi dangdut yang tengah naik daun dengan sejumlah tembang hits seperti Kisinan, Kisinan 2, dan Nemen. Sedangkan Evan Loss beken dengan lagu Full Senyum Sayang.

Lalu OM PNS dikenal warga Wonogiri dengan beberapa lagu seperti Alun-Alun Wonogiri, Pemain Cadangan, dan Ora Jodho.

“Ini bukan kali pertama KPU Wonogiri menggelar konser sebagai sarana pemilihan. Sebelumnya, pada Pilbup [Pemilihan Bupati] 2020 kami pernah mengundang Denny Caknan dan itu kami nilai berhasil dalam sosialisasi. Makanya, pada Pemilu 2024 ini kami buat acara sosialisasi dengan cara menggelar konser lagi,” kata Sahid saat dihubungi Solopos.com. Jumat (15/12/2023).

Menurut Sahid, musik dangdut bisa diterima semua kalangan masyarakat di Wonogiri, mulai anak muda hingga tua, sehingga sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2024 melalui konser dangdut diharapkan juga diterima bagi semua kalangan.

Sasar Generasi Z dan Milenial

Dia menyebut meski tujuan utama dari konser itu untuk sosialisasi, tidak akan ada banyak ceramah-ceramah soal Pemilu 2024. “Sosialisasi dan pendidikan pemilih 2024 nanti lebih banyak secara visual. Kami tampilkan video-video pendek di layar. Kami rasa itu lebih mudah diterima warga, khususnya anak-anak muda,” kata Sahid.

Dia melanjutkan sosialisasi Pemilu 2024 dengan cara menggelar konser dan mengundang penyanyi dangdut itu juga menyesuaikan kategori pemilih di Wonogiri. Banyak daftar pemilih tetap Pemilu 2024 merupakan generasi Z dan milenial.

Mereka tidak suka menerima sosialisasi dengan cara mainstream yang membosankan. Adapun anggaran sosialisasi melalui konser itu senilai Rp200 juta. Sahid menyampaikan pada Pemilu 2024, KPU Wonogiri berupaya agar capaian partisipasi pemilu sebanyak 77%.

Sementara pada Pemilu 2019 lalu, partisipasi pemilu hanya sebanyak 73,4%. Dia cukup yakin dengan sosialisasi yang masif dan berkelanjutan, maka target itu bisa tercapai.

“Kami ingin sampaikan bahwa Pemilu 2024 ini penting bagi mereka, masyarakat Wonogiri. Ini menentukan bagaimana nasib Wonogiri selama lima tahun ke depan,” ucapnya.

Dia menyebut acara sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan menghadirkan musisi dangdut itu akan dilaksanakan pada Sabtu mulai pukul 19.00 WIB. Masyarakat Wonogiri bisa menyaksikan penampilan mereka secara gratis di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

Selain itu, KPU Wonogiri bakal membagikan ratusan doorprize bagi penonton yang berisi merchandise Pemilu 2024. Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, menambahkan upaya sosialisasi dan pendidikan pemilih akan terus dilakukan KPU Wonogiri sampai pelaksanaan Pemilu 2024.

Cara sosialisasi pun tidak monoton, melainkan disesuaikan dengan kondisi masyarakat sehingga lebih mudah diterima, salah satunya mengadakan sosialisasi massal dengan mengundang bintang tamu seperti Masdddho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya