SOLOPOS.COM - Ketua Pemenangan Darwin Aritonang (kiri) bersama Ketua AAI Korwil Jateng, Johanes Raharjo, menyatakan dukungan kepada Palmer Situmorang sebagai ketua umum AAI saat konsolidasi anggota AAI di Alila Hotel Solo, Jumat (23/4/2021) malam. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Anggota Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Jogja-Jateng menggelar konsolidasi di Hotel Alila Solo, Jumat (23/4/2021). Konsolidasi sebagai persiapan menjelang Musyawarah Nasional (Munas) di Bandung, 25-27 Juni mendatang.

Dalam kesempatan itu, anggota AAI menyatakan dukungan kepada Palmer Situmorang sebagai Ketua AAI lewat Musyarawah Nasional pada Juni mendatang. Para advokat itu percaya Palmer Situmorang dapat mengubah AAI menjadi organisasi advokat yang disegani.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua AAI Korwil Jateng, Johanes Raharjo, mengatakan AAI merupakan organisasi advokat yang lebih senior daripada organisasi advokat lain. Namun, menurutnya, Asosiasi Advokat Indonesia saat ini seolah mati suri.

Baca Juga: Rujukan Pasien Covid-19 ke Solo Melonjak, Ini Penyebabnya

“Banyak yang tidak tahu keberadaan AAI yang tanpa regenerasi. Sudah saatnya AAI kembali bermartabat. Jadi kami menyatakan dukungan ke Palmer Situmorang sebagi ketua AAI,” paparnya kepada Solopos.com.

Ia menambahkan Palmer Situmorang jauh lebih dikenal masyarakat. Palmer pernah mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) semasa menjabat Presiden RI.

Sementara itu, advokat Kota Solo anggota AAI, Arif Sahudi, mengakui saat ini organisasinya antara ada dan tiada. Ia mengaku heran sebagai anggota AAI ia tidak tahu sosok ketua umumnya.

Baca Juga: Dibawa Nongkrong Di Pasar Klewer Solo, 10 Motor Berknalpot Brong Disita Polisi

Perlindungan

Hal itu juga terjadi pada kepengurusan Asosiasi Advokat Indonesia di daerah lain. “Yang saya tahu anggota AAI pusat itu cuma Pak Johanes Raharjo karena sering turun ke bawah. Kalau ketua umum sekarang mau nyalon ketua lagi itu enggak logis. Turun ke bawah saja tidak pernah,” paparnya.

Ia juga mengaku merasa tak pernah mendapat perlindungan dari organisasi profesinya itu. Bahkan, AAI terbilang kurang terkenal oleh instansi hukum lain Ia menegaskan bakal langsung ke Bandung bersama 40-an anggota AAI Soloraya untuk memberikan hak pilih pada Munas.

Anggota AAI lainnya, Darwin Aritonang, mengatakan AAI saat ini merupakan organisasi advokat yang mati suri. Hal itu terlihat dari banyaknya kepengurusan AAI di daerah yang tidak aktif.

Baca Juga: Masa Berlaku Hasil Negatif Tes PCR dan Antigen Penumpang KA Dipersingkat, Jadi Berapa Hari?

"Selain di Solo, kami melaksanakan konsolidasi dengan pengurus lain di luar wilayah Jateng dan DIY untuk bertekad mendukung tiga calon pengurus baru yang kami yakini dapat mengubah AAI,” papar Darwin.

Selain dukungan kepada Palmer Situmorang sebagai ketua, AAI Jateng-Jogja mendukung Efran Helmi Juni sebagai Wakil Ketua DPP AAI dan Hendri Donal sebagai Sekjen DPP AAI pada Munas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya