SOLOPOS.COM - Unit Bus Rapid Transit (BRT)  Trans Jateng rute Solo-Wonogiri diuji coba secara terbatas di Terminal Tirtonadi, Solo, Selasa (25/7/2023). Istimewa/ Dokumentasi Balai Transportasi Jawa Tengah

Solopos.com, WONOGIRI — Peluncuran operasional layanan Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Koridor 7 Solo-Wonogiri dijadwalkan pada Agustus 2023 mendatang. 

Sekretaris Konsorsium Aglomerasi BRT Trans Jateng Wonogiri, Marjani, menyampaikan ada 15 unit BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri. Tetapi hanya 14 unit bus yang akan beroperasi reguler. Satu bus di antaranya sebagai cadangan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

BRT Trans Jateng trayek Wonogiri bakal dioperasikan konsorsium tujuh PO bus yang masih aktif di Wonogiri. Tujuh PO bus itu meliputi Raya, Al Amin, Ismo, Gunung Mulia, Jaya Guna Hage, Tunas Merapi, dan Tunggal Dara.

Dalam pengoperasian BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri itu mereka melebur menjadi satu dalam Perseroan Terbatas (PT) Tunggal Dara Sejahtera. Masing-masing dari tujuh PO bus tersebut mendapatkan jatah angkutan milik mereka untuk di-scrapping dalam pengadaan angkutan baru BRT Trans Jateng.

Scrapping yaitu mengganti unit angkutan yang ada dengan unit angkutan baru dari BRT Trans Jateng. Menurut dia,  pengadaan unit BRT Trans Jateng saat ini masih dalam tahap penyelesaian di Karoseri Gunung Mas, Madiun, Jawa Timur.

“Hari ini kami akan ke sana untuk mengecek kesiapan bus. Sudah ada dua unit bus yang sudah siap dan kami bawa kemarin,” kata Marjani saat dihubungi Solopos.com, Jumat pagi.

Dia melanjutkan konsorsium sebagai operator juga sudah menyiapkan sopir kru, admin, dan pegawai bengkel BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri. Saat ini mereka tengah mengikuti pelatihan selama empat hari, Rabu-Sabtu (19-22/7/2023) di Tawangmangu. 

Launching BRT Trans Jateng direncanakan dilakukan di depan Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri oleh Gubernur Jawa Tengah. Kalau menurut kontrak, jadwalnya 1 Agustus 2023. Tetapi bisa mundur menyesuaikan jadwal Gubernur, yang jelas pada Agustus bulan depan,” ucap dia.

Terpisah, Kasi Operasional Balai Transportasi Jawa Tengah, Bayu Pramono Jati, menyebutkan belum bisa memastikan tanggal peresmian operasional BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri.

“Kami masih permohonan izin waktu kepada Bapak Gubernur [Ganjar Pranowo] karena kemungkinan nanti yang meresmikan Bapak Gubernur,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya