SOLOPOS.COM - Petugas menurunkan koper-koper milik calhaj di Embarkasi Haji Donohudan Ngemplak Boyolali, Kamis (2/6/2022). (Solopos-Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Koper milik calon jemaah haji atau calhaj yang tergabung dalam kloter 1 dan kloter 2 telah tiba di Embarkasi Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali pada Kamis (2/6/2022). Sebanyak tiga truk datang membawa koper-koper tersebut dan tiba di Donohudan sekitar pukul 10.00 WIB.

Koordinator Humas Embarkasi Haji Donohudan Ngemplak Boyolali, Sarip Sahrul Samsudin, mengatakan koper-koper tersebut milik calhaj asal Kabupaten Pati. “Untuk estimasi yang dilaporkan, kloter 1 ada 352 koper dan koper dua ada 334 koper. Itu semua baru yang dari Kabupaten Pati,” kata dia kepada wartawan di sela-sela penurunan koper.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ia mengatakan dalam kloter 2 terdapat calhaj asal Kabupaten Jepara. Namun, koper dari calhaj asal Jepara belum termasuk dalam tiga truk tersebut. Lebih lanjut, Sarip mengungkapkan setelah datang, koper-koper tersebut akan diperiksa oleh petugas melalui mesin x-ray dan akan diamankan secara khusus.

“Kemudian nanti akan diambil otoritas penerbangan untuk dibawa ke bandara dan akan diangkut ke Madinah untuk kloter satu,” kata dia.

Sarip mengatakan calhaj yang masuk kloter satu  akan tiba di Embarkasi Haji Donohudan pada Jumat (3/6/2022) pukul 08.00 WIB dan akan dilepas pada malam harinya pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Asrama Haji Donohudan Rekrut 100an Tenaga Kerja untuk Layani Calhaj

“Koper-koper seperti ini akan datang setiap hari, rata-rata dua kloter per hari. Jadi nanti dua datang kemudian dua terbang, silih berganti,” jelasnya.

Diberitakan, sebanyak 15.477 calon jemaah haji atau calhaj dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci dari Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali pada musim haji 2022 ini. Para calhaj tersebut akan mulai masuk ke Asrama Haji Donohudan mulai Jumat (3/6/2022).

Keberangkatan dan Pemulangan

Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, mengungkapkan 15.477 calon haji tersebut berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. “Dari Jawa Tengah ada 13.776 calon jemaah haji, sisanya dari Yogyakarta dan terdiri dari 43 kloter,” jelas Bambang saat ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan, Senin (23/5/2022).

Baca juga: 15.477 Calhaj akan Berangkat dari Embarkasi Haji Donohudan Boyolali

Berdasarkan data dari pengelola Asrama Haji Donohudan, gelombang pertama terdiri dari 21 kloter yang akan masuk ke Asrama Haji Donohudan mulai 3 – 17 Juni 2022 dengan berangkat mulai dari 4 – 18 Juni 2022.

Selanjutnya, gelombang kedua terdiri dari 22 kloter akan masuk ke Asrama Haji Donohudan pada 18 Juni hingga 2 Juli 2022. Calon jemaah haji gelombang kedua akan berangkat mulai 19 Juni 2022 – 3 Juli 2022.

Kemudian, untuk pemulangan jemaah haji dijadwalkan akan dimulai pada 16 Juli hingga 14 Agustus 2022.

Baca juga: Jumlah Calhaj Boyolali ke Tanah Suci 2022 Berkurang, Ini Penjelasannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya