SOLOPOS.COM - Ilustrasi (ruumit.com)

Ilustrasi (ruumit.com)

WONOGIRI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri akan melakukan verifikasi faktual untuk enam parpol tambahan. Enam parpol itu adalah Serikat Independen (SRI), Partai Damai Sejahtera (DPS), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Pengusaha Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PNBKI), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Buruh.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebelumnya enam parpol itu dinyatakan tidak lolos syarat administrasi. Verifikasi tambahan untuk enam parpol tersebut didasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 675/KPU/XI/2012 yang memutuskan 18 parpol yang semula dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi di tingkat nasional (enam di Wonogiri) harus diverifikasi seperti 16 parpol yang telah dinyatakan lolos seleksi tahap itu.

Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo, kepada Solopos.com menjelaskan verifikasi tambahan terhadap enam parpol itu akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu (5/12). “Di tingkat nasional ada 18 parpol, tapi di Wonogiri dari 18 parpol itu hanya enam parpol yang mengumpulkan berkas di pendaftaran awal [7 Septermber]. Jadi hanya itu yang akan kami verifikasi,” kata Joko.

Dia menerangkan SE KPU terkait verifikasi tambahan itu sesuai dengan keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Nomor 25-26/DKPP-KPE-I/2012 yang mengharuskan 18 parpol itu diperlakukan sama dengan 16 parpol lain. Joko memastikan akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan tambahan parpol tersebut seperti yang telah berjalan untuk parpol lain yang lebih dahulu diverifikasi. Bahkan, jumlah sampel yang akan diverifikasi di lapangan untuk tiap parpol juga sama, yaitu 10%.

Joko mengakui SE KPU yang diterima Kamis (29/11/2012) malam itu akan menambah daftar pekerjaan KPU Wonogiri. Sebab, saat ini, KPU juga masih bersiap menerima perbaikan data sekaligus melakukan verifikasi ulang enam parpol lain yang dalam verifikasi faktual 5-24 November lalu dinyatakan tidak lolos. “Terpaksa kami paralel. Verifikasi kepengurusan dan keanggotaan sekaligus. Waktunya mepet jadi harus cepat,” ujarnya.

Sementara itu, disinggung mengenai perkembangan pengumpulan berkas perbaikan dari enam parpol yang tidak lolos verifikasi faktual keanggotaan, Joko mengatakan sampai saat ini belum ada parpol yang menyerahkan berkas perbaikan. Kendati demikian, beberapa dari mereka telah berkonsultasi. Penyerahan berkas perbaikan untuk keperluan verifikasi faktual anggota sendiri paling lambat diterima KPU Senin (3/12/2012) ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya