SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2024. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — KPU Karanganyar menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 707.967 orang. Pemilih dari kalangan perempuan lebih mendominasi dengan 359.248 orang, sementara pemilih dari kalangan laki-laki 348.719 orang.

Mereka akan menyalurkan suaranya di  3.200 tempat pemungutan suara (TPS) di 177 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Karanganyar. Penetapan DPT dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar para Rabu (21/6/2023) lalu di Jawa Dwipa Heritage Resort and Convention Karangpandan, Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Rapat pleno tersebut dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kabupaten Karanganyar dan perwakilan 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024, Polres, Kodim dan Pemkab Karanganyar.

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, mengatakan penyusunan daftar pemilih tetap diawali dengan penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) tahap akhir. Selanjutnya menjadi bahan penetapan hingga diumumkannya DPT Pemilu 2024.

“Hasil Perbaikan DPSHP dituangkan ke dalam daftar perubahan pemilih untuk DPSHP akhir. Lalu dilakukan rekapitulasi DPSHP secara berjenjang mulai tingkat PPS [panitia pemungutan suara], PPK dan KPU Kabupaten/Kota melalui rapat pleno terbuka,” katanya kepada Solopos.com, Sabtu (24/6/2023).

Trias mengatakan pascapenetapan DPT, KPU beserta PPK dan PPS tetap akan melakukan pemeliharaan DPT sampai dengan hari H pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Ia mengimbau seluruh partai politik mencermati dengan seksama DPT yang sudah ditetapkan KPU. Mengingat kompleksitas dan dinamika kependudukan yang cepat, maka diharapkan seluruh warga Karanganyar dapat berpartisipasi aktif dalam pemeliharaan DPT. Kemudian memastikan diri terdaftar sebagai pemilih.

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ridwanita Priliastuti, meminta pengumuman penetapan DPT tidak hanya dilakukan di kantor desa dan kelurahan. Namun dipasang di lokasi strategis yang mudah diakses oleh penduduk setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya