SOLOPOS.COM - Pekerja menyortir dan melipat surat suara pemilihan umum 2024 di Gudang KPU, Solo, Kamis (11/1/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO—Sekitar 400 orang dikerahkan KPU Kota Solo untuk melakukan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di tiga lokasi berbeda.

Proses sortir dan lipat surat suara dimulai pada 11 Januari 2024 dan ditargetkan selesai pada 18 Januari 2024. Penjelasan tersebut disampaikan Ketua KPU Solo, Bambang Christanto, saat diwawancara, Senin (15/1/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Para pekerja sortir dan lipat surat suara yang dipekerjakan KPU Solo mendapat upah sesuai ketentuan yang berlaku. “Dari hari pertama sortir dan lipat surat suara, di tiga lokasi berbeda, ada 400 orang yang bekerja,” ujar dia.

Bambang menjelaskan proses sortir dan lipat dimulai dari surat suara Pemilu Presiden dan Wapres, serta DPD RI. Proses itu dilakukan di gudang di Kantor KPU Solo Jalan Kahuripan Utara Nomor 23 Kelurahan Sumber, Banjarsari.

Surat suara yang disortir dan dilipat di gudang itu untuk Daerah Pemilihan (Dapil) V Solo meliputi Kecamatan Jebres. Sedangkan surat suara yang disortir dan dilipat di gudang Jalan Jageran Nomor 18 Katelan untuk Dapil Banjarsari.

“Gudang kami di Jalan Kahuripan Utara Nomor 23 itu untuk sortir lipat Dapil V Jebres, gudang di Jalan Jageran Nomor 18 Katelan untuk Dapil III dan IV Banjarsari. Lalu untuk Dapil I dan II Solo di Ndalem Joyokusuman Gajahan,” urai dia.

Pada Kamis (11/1/2024) pukul 16.00 WIB tim KPU Solo bersama Bawaslu Solo dan kepolisian menjemput surat suara untuk Pemilu DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kota. Rombongan tiba di Kantor KPU Solo sekitar waktu Magrib.

“Pada Kamis sore kami menjemput surat suara DPR, DPRD provinsi dan DPRD kota di PT Mas Media di Karanganyar, dan sampai di KPU Solo lebih kurang Magrib. Kondisi saat itu tidak mendukung, hujan deras dan angin,” tutur dia.

Sehingga, Bambang menjelaskan, proses bongkar muat logistik baru dilakukan pukul 20.00 WIB hingga Jumat (12/1/2024) pukul 06.00 WIB. Disinggung progres sortir dan lipat surat suara hingga saat ini, dia belum bisa memastikan.

Namun, dia optimistis proses tersebut bisa selesai sesuai tahapan yang ditentukan. “Kalau untuk progres sejauh ini saya mesti cek dulu. Tapi kami optimistis proses itu bisa selesai sesuai waktu yang diberikan kepada kami,” kata dia.

Bambang menjelaskan proses sortir dan lipat surat suara diawasi jajaran komisioner KPU Solo dan Sekretariat KPU Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya