SOLOPOS.COM - Pengurus DPD Partai Nasdem Solo dan para Bacaleg untuk DPRD Solo berfoto bersama usai pendaftaran di Kantor KPU Solo, Kamis (11/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Partai Nasdem menjadi partai politik (Parpol) ketiga yang mendaftarkan Bacaleg untuk DPRD Solo ke KPU, Kamis (11/5/2023).
Rombongan DPD Partai Nasdem Solo tiba di Kantor KPU Solo sekitar pukul 13.00 WIB.

Mereka disambut jajaran Komisioner KPU Solo yang dipimpin Nurul Sutarti sebagai Ketua. Selanjutnya mereka menuju Aula Kantor KPU Solo guna pemberkasan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua DPD Partai Nasdem Solo, Eva Yuliana, tidak berada di antara rombongan pengurus DPD Partai Nasdem Solo dan para Bacaleg itu. Sebab politikus perempuan yang juga legislator Komisi III DPR tersebut mengikuti pendaftaran Bacaleg DPR di Jakarta.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Solo, Pata Hindra Aryanto, saat diwawancara wartawan mengatakan pihaknya mendaftarkan 45 Bacaleg untuk DPRD Solo. Dari jumlah itu sebanyak 21 Bacaleg perempuan. “Yang perempuan 21 orang,” terang dia.

Dengan komposisi 45 Bacaleg yang diusung, menurut Pata, Partai Nasdem menargetkan 10 kursi DPRD Solo dalam Pemilu 2024. Perinciannya dua kursi setiap dapil. Untuk mewujudkan target itu pihaknya mengencangi struktur partai dan sukarelawan.

Tapi, Pata mengakui target yang dicanangkan sebanyak sembilan kursi DPRD Solo terbilang sangat berat. Sebab Solo merupakan kandang banteng. Tapi dia meyakini setiap hambatan dan tantangan berbanding lurus dengan peluang yang diciptakan.

“Sangat berat. Apalagi kita di Solo. Tapi sekali lagi hambatan tantangan itu juga berbanding lurus dengan peluang. Kami harus bekerja keras dan berdoa,” tutur dia. Salah satu strategi Nasdem mendulang suara dengan mengusung Bacaleg muda.

Bahkan jumlah Bacaleg muda lebih banyak dibandingkan Bacaleg yang sudah relatif berumur. “Bacaleg muda kami lebih dari separuh dari 45 orang. Yang masih mahasiswa mau lulus dan fresh graduate banyak. Yang paling muda 21 tahun,” urai dia.

Salah satunya Maheswati, 21, seorang mahasiswi yang sedang menunggu wisuda pada Oktober-November 2023. Dengan banyaknya Bacaleg muda, Pata meyakini akan dapat menarik suara generasi milenial yang mendominasi pemilih Pemilu.

“Harapan kaum muda ya kita setelah melihat DPT itu ternyata pemilih milenial sangat banyak, sehingga kami mendekati mereka. Kalau saya sudah 40 tahun lebih termasuk pemilih kolonial. Kami padukan pemilih milenial dan kolonial,” ungkap dia.

Terpisah, Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan pendaftaran 45 Bacaleg DPRD Solo dari Partai Nasdem sudah dimasukkan. Setelah diperiksa dan diverifikasi KPU Solo, berkas pendaftaran 45 Bacaleg Partai Nasdem dinyatakan lengkap dan diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya