SOLOPOS.COM - Para komisioner KPU Sragen duduk di depan memimpin Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi perolehan kecamatan di Gedung IPHI Krapyak, Sragen, Rabu (28/2/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara Pemilu 2024 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen di Gedung IPHI Krapyak, Sragen, Rabu (28/2/2024). Rapat pleno tersebut dimulai dengan membuka kota plano dari Kecamatan Kalijambe. Pembacaan hasil rekapitilasi dimulai dari pilpres, pileg DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Rapat pleno terbuka diawali dengan seremonial yang dihadiri Wakil Bupati Sragen, Suroto dan pimpinan daerah serta stakeholders lainnya. Setelahnya dilakukan pembacaan rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan oleh Ketua KPU Sragen, Prihantoro.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam Pilpres ada 40.799 pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT), sedangkan yang menggunakan hak pilih 35.180 orang. Jumlah pemilih dalam daftar pemilih tambahan 159 orang dan pemilih dalam daftar pemilih khusus sebanyak 215 orang. Jadi total pemilih sebanyak 35.554 orang.

“Hasil suara di pilpres untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 1 sebanyak 5.536 suara, pasangan capres-cawapres 02 sebanyak 17.747 suara, pasangan capres-cawapres 3 sebanyak 10.579 suara,” ujarnya.

Dari data perolehan suara itu paslon 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Kalijambe. Selanjutnya untuk rekapitulasi perolehan suara DPR RI dibacakan Komisioner KPU Sragen, Mukhsin. Sempat terjadi masalah teknis karena monitor mati, setelah beberapa saat akhirnya hidup lagi.

Sebelum penetapan suara DPR RI, ada koreksi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena ada suara yang salah penempatan, tetapi memengaruhi total perolehan suara PDIP.

Kemudian untuk perolehan suara DPD dibacakan M.H. Isnaeni. Pembacaan suara untuk DPRD Provinsi dibacakan Komisioner KPU M. Zaenal Arifin. Untuk pembacaan perokehan suara DPRD kabupaten dilakukan Irwan Sehabudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya