SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampanye (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SRAGEN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen telah merilis jadwal kampanye terbuka untuk seluruh parpol dan capres-cawapres yang dimulai sejak Minggu (21/1/2024) hingga 7 Februari 2024. Jadwal kampanye parpol akan disamakan dengan jadwal kampanye pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden yang diusung.

Ada beberapa parpol yang mendapat kekhususan dalam jadwal kampanye terbuka tersebut. Salah satunya adalah Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia yang jadwal kampanyenya mengikut jadwal kampanye paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Begitu pula dengan Partai Ummat Sragen yang mengikuti jadwal kampanye paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nusantara melaksanakan kampanye rapat umum di seluruh wilayah Sragen selama 21 hari tanpa menggunakan metode zona kampanye rapat umum dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan.

Penjelasan itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Prihantoro P.N., Selasa (23/1/2024). Ketentuan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Kabupaten Sragen No. 20/2024 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Rapat Umum Anggota DPRD Kabupaten Sragen dalam Pemilu 2024.

Penetapan jadwal kampanye rapat umum ini didasarkan pada ketentuan Pasal 49 ayat (1) dsn (2) Peraturan KPU (PKPU) No. 15/2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum yang diubah dengan PKPU No. 20/2023.

Jadi parpol pengusung masing-masing paslon capres-cawapres akan berkampanye secara bergantian di hari yang berbeda. Parpol pengusung paslon nomor urut 1 dapat jadwal kampanye di 21 Januari, sementara parpol pengusung paslon nomor urut 2 di 22 Januari, dan parpol pengusung paslon nomo urut 3 di 23 Januari. Begitu seterusnya mereka berkampanye bergantian sampai 7 Februari 2024.

Parpol pengusung paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terdiri atas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Parpol pengusu paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Garda Republik Indonesia, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sementara parpol pengusung paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Masa kampanye rapat umum di Sragen pada tiga hari terakhir sesuai dengan pembagian jadwal kampanye rapat umum pada Keputusan KPU No. 78/2024,” ujar Prihantoro.

Dalam penentuan lokasi kampanye, KPU berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) No. 47/2023 tentang Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Lokasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024. Perbup itu mengatur 14 lokasi yang dilarang untuk kampanye, di antaranya gedung dan fasilitas pemerintah, terminal, objek wisata, dan stasiun kereta api.

Daftar lokasi yang dilarang untuk kampanye pada Pemilu 2024:

1. Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen
2. Stadion Taruna Sragen
3. GOR Diponegoro Sragen
4. Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen
5. Taman Sukowati Sragen
6. Taman Krido Anggo Sragen
7. Taman Tiara Sachari Sukowati Sragen
8. Sragen Harmoni Hijau Plumbungan Sragen
9. Eks Kios Renteng Nglangon dan eks Pasar Nglangon Sragen
10. Taman Edupark Gemolong Sragen
11. TPA Tanggan Sragen
12 Lokasi objek wisata Sragen
13. Terminal bus/angkutan
14. Stasiun kereta api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya