SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Keraton Kasunanan Surakarta bakal menggelar acara Maklumat 1 September sebagai peringatan penyatuan kraton dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara akan berlangsung di Pagelaran Kraton, Rabu (1/9).

Pengageng III Pariwisata dan Museum Kraton Kasunanan Surakarta, KRMH Satryo Hadi Nagoro, saat ditemui wartawan di kantornya mengatakan, acara akan berlangsung cukup sederhana dengan menggelar renungan kembali peristiwa penyatuan Kraton dengan NKRI. “Ini untuk mengenang kembali masa saat di mana PB XII menyatakan bersatu dengan RI pada 1 September 1948 silam,” Kata Satryo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Karena bertepatan dengan Bulan Ramadan, tambah Satryo, acara akan berlangsung sederhana. “Yang terpenting bisa khusyuk, khidmat, tanpa meninggalkan semangat dan rohnya,” katanya. Ia juga menegaskan, acara tersebut sekaligus untuk menampik opini yang berkembang di masyarakat mengenai sikap kraton dengan Belanda. “Kami ingin meluruskan yang salah, bahwa kami tidak pro Belanda. Maklumat ini membuktikan itu,” ujarnya.

Hingga kini, pihaknya belum dapat menjelaskan mengenai jalannya acara tersebut, karena masih dalam pembicaraan intern. Diperkirakan, ada lebih dari 3.000 orang yang akan mengikuti acara ini. Namun, Satryo belum dapat menjelaskan pihak siapa saja yang diundang dan jalannya acara.

m86

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya