SOLOPOS.COM - Kondisi terkini jalan tol Solo-Jogja- Kulonprogo di kilometer tiga yang terletak di Colomadu, Karanganyar, sudah sampai pada proses pembetonan, Senin (27/2/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Tol Solo-Jogja sepanjang enam kilometer dari Ngasem-Kateguhan, Sawit segera difungsikan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Pembukaan fungsional tol akan mulai dilakukan Sabtu (15/4/2023), akhir pekan ini.

Banyak masyarakat yang masih mengira tol fungsional akan dioperasionalkan sampai Jogja. Padahal hanya akan difungsionalkan sepanjang enam kilometer hingga Kateguhan, Sawit.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berbagai informasi seputar rencana fungsional tol Solo-Jogja akan dikupas dalam Webinar Series Spesial Ramadan Seri III dengan mengangkat tema Mudik Lancar Solo-Jogja, pada Rabu (12/4/2023) pukul 14.00 WIB hingga 15.30 WIB.

Webinar yang digelar Solopos Media Group bekerja sama dengan Blibli dan PT Jogjasolo Margo Makmur (JMM), akan ditayangkan secara langsung melalui akun channel Youtube Espos Live dan Facebook Solopos.com.

Webinar kali ini menghadirkan narasumber kompeten yakni dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktur Teknik PT Jogjasolo Margo Makmur Pristi Wahyono, dan Bupati Klaten Sri Wahyuni.

Webinar yang juga akan mengupas alternatif moda transportasi public untuk mudik lancar Solo-Jogja turut menghadirkan narasumber Vice President Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba.

Sebagai informasi, fungsional tol Solo-Jogja dan pemanfaatan transportasi public seperti kereta rel listrik (KRL) adalah solusi menghindari macet jalur Solo-Jogja selama momentum mudik Lebaran 2023.

Hingga Polanharjo

Webinar yang akan dipandu Host Redaktur Pelaksana Solopos Digital dan Multimedia, Danang Nur Ihsan, akan mengupas bagaimana stakeholder dan penyelenggara infrastruktur transportasi mempersiapkan layanan untuk menyambut pemudik khususnya di dua wilayah, Solo dan Jogja.

Diberitakan sebelumnya, terkait fungsional jalan tol Solo-Jogja, pengelola menyiapkan operasional fungsional itu tidak hanya 6 km atau sampai STA 6 di Sawit, Boyolali, melainkan sampai 7 km atau STA 7 di Polanharjo, Klaten.

Lokasi keluar tol dari STA 6 menuju ke jalan nasional terletak di Sawit atau mengarah ke Tugu Gunungan Wayang. Meski secara status ruas tol yang dioperasikan secara fungsional hanya sampai STA 6, pelaksana menyiapkan ruas tol untuk dilintasi pemudik hingga ke STA 7 di Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Lokasi keluar dari STA 7 nantinya di ruas jalan Janti-Tegalgondo menuju jalan nasional mengarah ke Tegalgondo, Klaten. Ruas tol Solo-Jogja hingga STA 7 dibuka ketika kondisi titik keluar di wilayah Sawit atau STA 6 mengalami kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya