SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lahan Perikanan (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Lahan Perikanan (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Lahan Perikanan (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Petani hingga pejabat daerah mulai mempersiapkan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Jawa Tengah 2014 yang akan diadakan di Desa Sukorejo dan Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen awal 2014 nanti.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Setelah mempersiapkan homestay untuk para peserta, petani di dua desa itu juga mulai memetakan lahan yang akan digunakan untuk sejumlah kegiatan dalam Peda nanti.

Ketua KTNA Sragen, Suratno, saat berbincang dengan Solopos.com belum lama ini  mengatakan setelah mempersiapkan homestay untuk calon peserta yang diperkirakan mencapai ribuan, petani di Kalijambe dan Sukorejo mulai memetakan lahan. Pemetakan lahan dibuat sesuai fungsinya, seperti lahan praktik penanaman organik di wilayah Sukorejo, lahan perikanan maupun lahan percobaan lainnya di Kalijambe.

“Secara teknis petani yang lebih tahu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Suratno, mengatakan sebelum acara Peda, pihaknya bakal menggelar Pra-Peda. Pra-Peda rencananya digelar pada September 2013. Pra-peda membahas semua persiapan Peda Jateng 2014 yang akan dilanjutkan dengan pekan nasional KTNA pada pertengahan 2014 di Malang. “Tapi belum tahu pasti Pra-Pedanya kapan digelar. Masih akan kami bicarakan lagi. Rencana awal memang September,” tambah Suratno.

Sementara itu, Kepala Desa Sukorejo, Sukrisno, sempat mengatakan ia juga akan mempersiapkan psikologi para petani di desanya dalam menghadapi Peda KTNA Jawa Tengah 2014 mendatang. Persiapan administrasi dan pengaturan manajemen pariwisata di desanya juga bakal digodok ulang agar Peda sekaligus menjadi ajang promosi daerahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya