SOLOPOS.COM - Co-captain Timnas Amin, Sudirman Said, bertemu sukarelawan di Kecamatan Tulung, Klaten, Minggu (21/1/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Co-Captain timnas pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Sudirman Said, mengapresiasi semangat para pendukung pasangan berjuluk Amin itu.

Para pendukung di berbagai daerah bergotong-royong mendukung kemenangan pasangan tersebut di Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Sudirman Said saat bertemu para sukarelawan Amin di Gedung Ahaba Desa/Kecamatan Tulung, Klaten, Minggu (21/1/2024) sore.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia menjelaskan dari kegiatan roadshow yang dia lakukan ke berbagai daerah, ia melihat semangat para pendukung Amin sangat tinggi. “Kami bersyukur karena semangat pendukung Amin luar biasa. Di tengah keterbatasan logistik yang dimiliki Timnas, ternyata di daerah mereka begitu kaya, bangun posko sendiri, bikin kaus sendiri, baliho sendiri, semuanya gotong royong,” kata Sudirman Said.

Tak hanya itu, para pendukung dan sukarelawan Anies-Muhaimin juga menyatakan kesiapan mereka menjadi saksi saat proses Pemilu 2024 baik di dalam tempat pemungutan suara (TPS) maupun di luar TPS. Termasuk kelompok emak-emak yang akan membikin dapur umum di berbagai daerah untuk mendukung para saksi.

“Kami melihat sebagai gerakan masyarakat. Saya menyebutnya sebagai demokrasi yang sesungguhnya. Karena demokrasi ditandai dengan partisipasi. Semua menampilkan kegotong-royongan, masyarakat ikut aktif dalam demokrasi,” jelas dia.

Disinggung kabar soal komunikasi antara Timnas Amin dengan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud, Sudirman Said mengatakan di luar politik tokoh-tokoh di Timnas Amin maupun pasangan Ganjar-Mahfud berteman.

Komunikasi Tetap Cair

“Kami itu di luar politik sebenarnya semua berteman. Misalnya saya pernah bekerja sama dengan Ketua Kadin, Arsjad Rasjid, yang sekarang jadi ketua timnya Bu Mega. Ya tentu kami berkomunikasi,” kata Sudirman Said.

“Berbagai tokoh seperti Pak Anies, Pak Muhaimin juga berteman. Antarpimpinan partai, Pak Surya Paloh juga punya hubungan baik dengan PDIP. Jadi komunikasi tetap cair. Suasana ini tetap terbangun,” tambahnya.

Dia menjelaskan ada satu pengertian bahwa yang harus dihadapi adalah sikap penggunaan kekuasaan yang melampaui batas. Karena, menurut Sudirman, itu akan merusak keutuhan bangsa.

“Jadi kami punya saling pengertian seperti itu. Perkara ke depan akan kerja sama atau tidak tergantung situasi. Tetapi perkara semangat kami sama, kami ingin pemilu ini adil, pemilu ini jujur, damai. Hal-hal yang melanggar etika hukum itu jangan dibiarkan terus berlanjut. Semangat ini akan menjadi modal pembangunan ke depan,” jelas Sudirman Said.

Sementara itu, Caleg DPR dari Partai Nasdem untuk Dapil V, Hary Prabowo, mengajak para sukarelawan semakin kompak dengan meningkatkan komunikasi dan sinergitas dalam menggalang dukungan untuk kemenangan Amin.

“Pejuang atau relawan ini juga memiliki peran penting dalam mengawal dan menjaga ketat suara Amin di TPS. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh relawan untuk memperketat pengawasan di setiap TPS, tak ingin ada kecurangan yang terjadi,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya