SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

LEPAS BURUNG--Sejumlah pejabat di Wonogiri melepaskan burung merpati sebelum menanam pohon di pinggir Lapangan Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, Kamis (8/12/2011). (FOTO:Espos/Trianto Hery Suryono)

Wonogiri (Solopos.com)--Demi menjaga umur Waduk Gajah Mungkur (WGM), Muspida dan masyarakat Wonogiri menanam 2.871.470 batang bibit pohon aneka jenis. Tanam pohon dalam rangka program satu miliar itu dipusatkan di Lapangan Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/12/2011).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bibit yang ditanam, di antaranya jenis sukun, rebun, mangga, jabon, mahoni, rambutan maupun beringin. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri, Sri Jarwadi menyatakan, program penanaman satu miliar pohon dimaksudkan sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

“Yang utama adalah memelihara pohon secara berkelanjutan untuk mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi hutan dan lahan,” tandasnya.

Mantan Direktur PDAM Wonogiri ini berharap penanaman pohon di hulu WGM diharapkan mampu mencegah banjir dan tanah longsor serta memperlambat tingginya sedimentasi WGM. Kegiatan itu dibuka oleh Wabup Wonogiri, Yuli Handoko dengan pemukulan kentongan dilanjutkan pelepasan burung merpati dan kepodang.

Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Yuli Handoko dan pimpinan Muspida Wonogiri mengawali penanaman tersebut. Wabup menanam bibit pohon mangga, Dandim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Murdjoko menanam bibit pohon suren.

(tus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya