SOLOPOS.COM - Jajaran komisioner KPU Solo saat rapat pleno penetapan kursi dan caleg terpilih DPRD Solo di Aula Kantor KPU Solo, Kamis (2/5/2024). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Cawapres terpilih 2024 yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tidak memberikan komentar terkait turunnya secara signifikan kursi PDI Perjuangan (PDIP) di DPRD Solo hasil Pemilu 2024.

“Oh tidak ada tanggapan. Saya kira saya tidak perlu menanggapi ya,” ungkap dia saat diwawancara wartawan usai mengikuti Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Caleg terpilih DPRD Solo di Aula Kantor KPU Solo, Kamis (2/5/2024).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dalam kesempatan itu Gibran lebih banyak menyampaikan rasa syukurnya rapat pleno KPU Solo berjalan lancar. Dia juga menyatakan sudah tidak sabar bekerja sama dengan para Caleg terpilih periode 2024-2029.

Namun para caleg tersebut baru akan dilantik pada Agustus 2024. “Kami dari Pemkot Solo sudah tidak sabar bekerja sama dengan para calon legislatif yang baru yang akan dilantik Agustus ini,” kata dia.

Ihwal komposisi baru anggota DPRD Solo 2024-2029, Gibran menyatakan akan merangkul semua kekuatan politik. Baik legislator dari partai-partai yang memang mendukung pemerintahan, maupun yang tidak atau posisi oposisi.

“Intinya kami kan merangkul semua, yang di luar, yang di dalam, oposisi. Kami ingin mendapatkan masukan sebanyak mungkin, evaluasi sebanyak mungkin, seperti LKPj [Laporan Keterangan Pertanggungjawaban] kemarin,” urai dia.

Ditanya harapan terhadap para Caleg terpilih DPRD Solo, menurut Gibran, agar dapat menstimulasi, mengontrol dan memberikan masukan untuk program-program Pemkot Solo. Lagi-lagi dia mencontohkan rekomendasi LKPj 2023.

Ihwal pembangunan atau pengembangan Solo ke depan, Gibran menyatakan pembangunan fisik sudah cukup kencang beberapa tahun terakhir. Sehingga menurut dia ke depan perlu pembangunan nonfisik untuk kemajuan kota.

“Karena beberapa tahun terakhir sudah fokus pembangunan fisik, tentu ke depan kita ingin fokus ke pembangunan non-fisik utamanya SDM [sumber daya manusia] ya,” kata dia. Ihwal komposisi DPRD Solo lebih berwarna, menurut Gibran bagus.

Sebab akan lebih banyak warna dan masukan-masukan bagi Pemkot Solo, dari perspektif yang berbeda-beda pula. “Saya kira lebih berwarna ya, akan lebih banyak masukan dari perspektif yang berbeda-beda pula,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya