SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Boyolali (Solopos.com)–Hama kutu putih yang menyerah tanaman pepaya ternyata tidak sepenuhnya hilang. Padahal panjangnya musim penghujan juga tidak menyurutkan hama ini. Bahkan kutu putih justru berpindah ke tanaman lain.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu petani, Sukiro, warga Dusun Karangrejo Desa Sukorame, Musuk, mengatakan dia beralih menanam pohon pisang dan singkong supaya aman dari serangan kutu putih.

“Dua tahun lalu ladang pepaya saya seluas 2.000 meter persegi hancur.  Padahal pepaya itu sedang berbuah lebat. Alhasil, saya merugi jutaan rupiah,” ujarnya kepada wartawan akhir pekan lalu.

Semula para petani berharap hama kutu putih akan lenyap seiring dengan bergantinya pola tanam. Akan tetapi, yang terjadi sebaliknya hama itu tidak juga hilang. Saat pepaya habis, kutu putih itu  berpindah pada tanaman lain seperti singkong dan pohon pisang. Akibatnya ratusan batang pohon pisang milik Sukirno turut mati.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya